Pilihan Akomodasi Saat Kuliah di Malaysia

Pilihan Akomodasi Kuliah di Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara yang mungkin menjadi pilihanmu untuk menempuh studi karena tak ingin jauh dari Indonesia. Negara ini memiliki banyak universitas yang tak diragukan lagi reputasinya di kancah internasional. Nah, salah satu yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri adalah akomodasi. Ada dua jenis tempat tinggal yang bisa kamu pilih ketika kuliah di Malaysia, yakni  di dalam kampus atau di luar kampus. 

Dalam kampus:

  • Residence hall
    Residence halls adalah pilihan populer bagi mahasiswa internasional, apalagi mahasiswa baru. Beberapa hall lokasinya dekat dari kampus dan kebanyakan berada di dalam satu lingkungan dengan kampus. Kamar yang disediakan biasanya berkapasitas 2 orang, sehingga kamu akan punya roommate. Beberapa kampus menyediakan pilihan untuk sekamar sendiri. Namun tetap saja kamu harus sharing fasilitas dengan penghuni lainnya.
  • Hostel / asrama
    Hostel mirip seperti residence hall, namun yang membedakan adalah fasilitas diberikan untuk lebih banyak kamar. Biasanya fasilitasnya berlokasi di ujung koridor pada setiap lantai. Jadi kamu akan berbagi fasilitas tersebut dengan setiap penghuni di lantaimu. Harga sewanya lebih terjangkau daripada residence hall.

Luar kampus:

  • Apartemen
    Jika tinggal di apartemen kamu akan punya kebebasan, fleksibilitas dan kemandirian yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di akomodasi dalam kampus. Kamu bisa memilih untuk tinggal sendiri atau bersama beberapa teman. Ada beberapa jenis apartemen; studio (1 kamar) dan unit dengan beberapa kamar. 
  • Homestay
    Homestay akan menghubungkan kamu dengan host family (keluarga) yang pada akhirnya kamu akan tinggal bersama mereka. Kamu akan tinggal di sebuah kamar sendiri atau sharing dengan mahasiswa lainnya. Biayanya sudah termasuk biaya makan, utilities, dan sewa. Namun homestay bukan pilihan favorit di Malaysia. 
  • Rumah
    Kamu juga dapat menyewa sebuah rumah dengan beberapa kamar. Tinggal di rumah mirip seperti di apartemen, namun bedanya akan ada lebih banyak orang. Kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan mereka, dan tentunya harus bekerjasama demi kenyamanan bersama.

Salah satu kampus yang menyediakan akomodasi untuk mahasiswanya adalah UCSI University. Unit Akomodasi Departemen Alumni & Layanan Pendukung berada di bawah naungan bagian Student Affairs & Alumni. Kampus ini berkomitmen untuk menyediakan tempat tinggal mahasiswa dengan lingkungan yang terjamin keamanan, kenyamanan, dan kebersihannya. Kampus yang berdiri sejak 1986 ini, memfasilitasi mahasiswanya dengan pilihan akomodasi on-campus dan off-campus.

On-campus Accommodation - (Residential Halls)
Asrama UCSI menyediakan kamar twin-sharing di Blok D, E, L1 & L2; kamar bersama dengan tiga tempat tidur tersedia di Blok L1; dan kamar single tersedia di Blok E & L2. Aula memisahkan asrama tempat pria dan wanita dan dilengkapi dengan area kunjungan umum untuk keluarga dan teman.

Off-campus Accommodation - (Angkasa Condominium)
Angkasa Condominium adalah akomodasi luar kampus yang populer dan nyaman bagi mahasiswa UCSI University. Menawarkan kamar bersama dan single dengan pilihan dengan atau tanpa AC. Tersedia layanan keamanan 24 jam untuk memastikan keamanan siswa dan untuk menjaga keamanan asrama. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan orang tua atau wali sebelum memutuskan pilihan tempat tinggal. Pastikan tempat tersebut membuatmu nyaman dan betah. Sehingga kamu akan enjoy menjalankan rutinitasmu disana. 

Kamu penasaran soal UCSI Malaysia, ayo ikut WORLDWIDE ONLINE EDUCATION FAIR 2020 untuk info lebih lanjut