Rata-Rata Biaya Sekali Makan di Asia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Rata-Rata Biaya Sekali Makan di Asia

Rata-Rata Biaya Sekali Makan di Asia

Temukan rata-rata biaya makan di berbagai negara Asia dalam panduan kami. Mulai dari makanan jajanan jalanan hingga restoran mewah, pelajari berapa yang harus Anda siapkan untuk pengalaman kuliner di Asia.

Makanan tidak hanya menjadi kebutuhan dasar tetapi juga mencerminkan kebudayaan, sejarah, dan kekayaan suatu negara.

Ketika datang ke Asia, keberagaman budaya dan variasi kuliner menawarkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Makanan sendiri  merupakan bagian integral dari budaya di Asia, yang kaya akan beragam masakan dan cita rasa. 

Namun, biaya makanan di setiap negara Asia dapat bervariasi secara signifikan, tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, jenis restoran, jenis makanan yang dipilih dan tingkat ekonomi negara itu sendiri. Dalam artikel ini, kita akan melihat rata-rata biaya sekali makan di beberapa negara Asia yang populer.

1. Jepang 

Jepang terkenal dengan masakan yang lezat dan beragam, mulai dari sushi hingga ramen. Rata-rata biaya makan di restoran di Jepang berkisar antara 800 hingga 1.500 yen per orang untuk makan siang sederhana dalam rupiah yakni sekitar 90.000 - 160.000 rupiah, sementara makan malam di restoran yang lebih formal bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 yen per orang setara sekitar 316.000 - 530.000 rupiah . 

2. China 

China menawarkan beragam masakan regional, mulai dari dim sum di Guangzhou hingga 

kue khas di Beijing yang enak. Biaya makan Di China juga sangat terjangkau, terutama jika Anda memilih untuk makan di warung atau restoran jalanan. 

Rata-rata biaya makan siang di China di kedai - kedai tradisional berkisar antara 20 hingga 45 yuan per orang jika dirupiahkan yakni sekitar 45.000 hingga 100 ribuan, Namun jika Anda memutuskan untuk makan di restoran mewah di China, biayanya bisa mencapai ratusan hingga ribuan yuan.

3. Korea Selatan

Di Korea Selatan terkenal dengan BBQnya dan hidangan tradisional seperti bibimbap dan bulgogi. Rata-rata biaya makan di Korea Selatan berkisar antara 6.000 hingga 8.000 won per orang untuk makan siang setara 80.000 hingga 100.000 , sementara makan malam di restoran yang mewah bisa mencapai 15.000 hingga 30.000 won per orang atau setara 177.000 hingga 355.000 rupiah . 

Anda juga bisa mencoba makan di street food korea yang lebih murah, dengan biaya sekitar 3000 hingga 5000 won  setara 40.000 hingga 60.000 rupiah


Baca juga artikel kami lainnya : Rata-Rata Biaya Sekali Makan di Eropa  


4. India

India dikenal dengan masakan khasnya yang kaya rempah dan cita rasa. Biaya makan di India bervariasi tergantung pada wilayahnya. Di kota-kota besar seperti Mumbai atau Delhi, rata-rata biaya makan siang bisa sekitar 200 hingga 400 rupee per orang setara 40.000 hingga 80.000 rupiah, sementara makan malam bisa mencapai 500 hingga 1.000 rupee per orang di restoran formal atau hotel mewah atau setara 100.000 hingga 200.000 rupiah

Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukan makanan murah di street food di jalanan hanya dengan harga sekitar 50 hingga 100 rupee (sekitar 20.000 hingga 30.000 rupiah).


5. Thailand

Thailand terkenal dengan street foodnya yang pedas dan beragam seperti hidangan pad thai dan tom yum. Rata-rata biaya makan siang di Thailand berkisar antara 50 hingga 100 baht per orang di warung jalanan atau restoran lokal sekitar 23.000 hingga 46.000 rupiah, sementara makan malam di restoran mewah bisa mencapai 150 hingga 300 baht per orang setara 46.000 hingga 60.000 rupiah.

Selain destinasi wisata di thailand yang indah banyak sekali wisata kuliner yang enak di Thailand, Anda bisa menikmati hidangan lezat seperti pad thai, tom yum, dan mango sticky rice dengan harga yang terjangkau di Thailand.


Baca juga artikel kami yang lain : Kota-kota Terbaik Untuk Tinggal dan Kuliah di Eropa


6. Vietnam

Vietnam terkenal dengan kulinernya yang lezat dan murah. Biaya sekali makan di Vietnam bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis tempat makan, lokasi, dan hidangan yang dipilih.

Untuk makanan kaki lima di Vietnam, Rata-rata harganya berkisar antara Rp 20.000 - Rp 40.000. Anda dapat menemukan makanan kaki lima yang lezat dan mengenyangkan dengan harga yang sangat terjangkau. Contohnya, semangkuk pho hanya sekitar Rp 20.000, dan banh mi (sandwich Vietnam) sekitar Rp 15.000.

Jika Anda memilih untuk makan di restoran lokal yang menawarkan hidangan Vietnam yang otentik  harganya sedikit lebih mahal. Untuk hidangan utama dengan nasi dan minum, Anda bisa menghabiskan sekitar Rp 50.000 - Rp 75.000.

Jika Anda menginginkan hidangan Barat di Vietnam, Anda harus siap membayar lebih. Harga pasta atau pizza di restoran Barat Vietnam bisa mencapai Rp 150.000 - Rp 250.000.

7. Malaysia

Malaysia menawarkan berbagai hidangan lezat dengan harga yang terjangkau. Rata-rata biaya sekali makan di Malaysia berkisar antara 6 hingga 8 RM (sekitar 20 hingga 25 ribu rupiah) untuk makanan berat seperti nasi goreng atau mi goreng.

Untuk makan di warung jalanan atau kedai kopi tradisional di malaysia, biaya makan bisa sekitar RM 5 hingga RM 15 per hidangan setara 15.000 hingga 50.000 rupiah. Di sini, Anda bisa menikmati hidangan seperti nasi lemak, mee goreng, atau roti canai dengan harga terjangkau. Di restoran sederhana atau warung makan lokal, biaya makan biasanya berkisar antara RM 10 hingga RM 30 per orang.

Sementara itu, di restoran bintang lima atau restoran di hotel mewah, biaya makan bisa mencapai RM 50 hingga RM 200 per orang. Di tempat-tempat mewah ini, Anda dapat menikmati pengalaman kuliner yang eksklusif dengan pelayanan yang istimewa dan hidangan khas Malaysia yang dihidangkan dengan gaya modern.

8. Indonesia

Indonesia menawarkan kekayaan kuliner dari sabang hingga merauke, dengan hidangan khas seperti nasi goreng dan rendang. Biaya makan di warung atau restoran lokal yang menawarkan berbagai masakan dari berbagai daerah cukup terjangkau. Rata-rata biaya sekali makan di Indonesia berkisar antara 20000 hingga 50.000 rupiah di restoran biasa. 

Anda juga bisa menemukan makanan murah di warung atau kedai - kedai kecil dengan harga hanya sekitar 10.000 hingga 20.000 rupiah.

Biaya makan di Asia sangat bervariasi tergantung pada tempat, jenis restoran, dan jenis makanan yang dipilih. Sementara beberapa negara menawarkan pengalaman kuliner yang terjangkau, yang lain mungkin memerlukan anggaran yang lebih besar untuk menikmati hidangan khas mereka. 

Harga-harga diatas hanya perkiraan rata-rata dan dapat mengalami fluktuasi. Sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung di negara - negara Asia, pastikan untuk tetap bijaksana dan melakukan riset tentang harga makanan di kota-kota yang akan Anda kunjungi agar Anda dapat merencanakan anggaran dengan lebih baik. 

Dengan memahami rata-rata biaya sekali makan di Asia diatas, Anda dapat merencanakan dengan lebih baik, Apalagi jika Anda berencana untuk kuliah disana. Anda diwajibkan untuk jauh lebih prepare. Mempersiapkan syarat pendaftaran, seleksi masuk universitas sampai ke perencanaan biaya hidup.


Anda Memiliki Impian Kuliah Di Universitas Terbaik Di Asia? Yuk Wujudkan Bersama Vista Education

Vista Education adalah konsultan pendidikan luar negeri. Berpengalaman lebih dari 25 tahun. Membantu anak-anak Indonesia untuk kuliah di luar negeri dengan lebih mudah dan aman. Vista bermitra dengan 200 lebih universitas dari berbagai negara.

Tim Vista biasa membantu siswa sejak proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, update info dan syarat masuk terbaru, membantu proses pendaftaran, admission sampai ke pencarian akomodasi. Iya, semua akan dibantu langsung oleh konsultan berpengalaman. Jadi bakal minim resiko terlambat dan memperluas peluang diterima. 

Yuk mulai konsultasi gratis dengan Vista sekarang. Klik tombol whatsapp dibawah atau isi formulir konsultasi disini ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !