Rekomendasi 8 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Rekomendasi 8 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Rekomendasi 8 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri terutama korsel, berikut ada 8 rekomendasi beasiswa yang bisa digunakan untuk kuliah di Korea Selatan.

Korea Selatan telah menjadi tujuan populer bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Selain memiliki sistem pendidikan yang terstruktur dan infrastruktur yang baik, Korea Selatan juga menawarkan banyak beasiswa untuk memudahkan pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikan di negara ini. 

Berikut dibawah in adlah beberapa rekomendasi beasiswa kuliah di Korea Selatan yang dapat Anda pertimbangkan:


1. Beasiswa Indonesia Maju Bergelar (BIM)

Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk pelajar Indonesia berprestasi bidang akademik/non-akademik. Beasiswa ini dapat digunakan untuk kuliah berjenjang di universitas-universitas terbaik di Korea Selatan, seperti Seoul National University dan KAIST.


2. KAIST Undergraduate Scholarship

KAIST, yang menempati peringkat  ke 56 dunia dan peringkat ke 2 di Korea Selatan, memberikan beasiswa S1 penuh bagi para pelajar internasional terutama pelajar Indonesia. Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan penuh selama 8 semester, biaya hidup sebesar 350.000 KRW per bulan serta asuransi kesehatan.


3. Samsung Global Sungkyun Scholarship

Samsung Global Sungkyun Scholarship adalah program beasiswa penuh atau parsial untuk kuliah S1 di Sungkyunkwan University, yang menempati posisi terbaik ke 6 di Korea Selatan.

Fasilitas yang diberikan meliputi biaya kuliah penuh, uang saku sebesar 570.000 KRW per bulan, asrama universitas, dan peluang magang di samsung. Persyaratan untuk melamar beasiswa ini cukup kompetitif yakni berkewarganegaraan dari negara berkembang, memiliki prestasi akademis yang baik serta memiliki keterampilan bahasa Korea atau bahasa Inggris yang memadai.


4. CIMB ASEAN Scholarship

CIMB ASEAN Scholarship adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh Bank CIMB untuk kuliah S1 di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Syaratnya, pelajar harus sudah memiliki prestasi akademik yang baik dan memiliki pengalaman kerja.

Baca juga artikel menarik lainnya : Apakah kuliah di Korea harus bisa bahasa Korea? Cek, Jawabannya Disini!


5. AMA+ (Art Major Asian plus) Scholarship

AMA+ Scholarship adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Korea National University of Arts untuk mahasiswa internasional termasuk pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan studi di bidang seni. Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi airfare, biaya kuliah penuh, biaya hidup, dan asuransi kesehatan.


6. GKS (Global Korea Scholarship)

GKS adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa ini dibuka untuk S1, S2, hingga S3 dan memiliki dua jalur pendaftaran, yakni Embassy Track dan University Track.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini juga kompetitif, Pertama pelamar harus memiliki prestasi akademis yang baik dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan antara Korea dan negara asal penerima beasiswa.

7. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

KGSP adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa internasional. Beasiswa serupa dengan GKS, namun dengan fokus pada program studi tertentu, seperti sains, teknologi, teknik, dan seni. Beasiswa ini dapat digunakan untuk kuliah S1, S2, dan S3 di universitas-universitas terbaik di Korea Selatan.


8. Yonsei University Underwood International College (UIC) Scholarships

Yonsei University menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional yang diterima di Underwood International College, termasuk beasiswa penuh dan parsial.

Cakupan beasiswa yang didapat yakni : Biaya kuliah penuh atau sebagian dan tunjangan hidup (untuk beasiswa penuh). Persyaratan untuk calon pelamar juga cukup kompetitif, pelamar harus memiliki prestasi akademis yang baik dan keterampilan bahasa Inggris yang kuat.

Baca juga artikel kami lainnya : Berapa tahun kuliah S1, S2 dan S3 di Korea Selatan? Cek Durasinya Disini

Tips Mendapatkan Beasiswa di Korea Selatan

  • Tentukan jenjang pendidikan dan program studi yang kamu minati. Hal ini akan membantumu dalam memilih beasiswa yang sesuai.

  • Persiapkan Dokumen: Siapkan dokumen yang diperlukan seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, dan sertifikat bahasa.

  • Tingkatkan Keterampilan Bahasa: Meningkatkan kemampuan bahasa Korea atau Inggris dapat meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa.

  • Waktu Pengajuan: Perhatikan waktu untuk mengajukan aplikasi beasiswa sebelum batas waktu yang ditentukan.

  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lengkap.

Wujudkan Mimpimu Kuliah di Korea Selatan Bersama Vista Education

Apakah Anda bingung mau masuk ke Universitas apa di Korea? Butuh bantuan untuk berdiskusi? Yuk mulai diskusimu dengan konsultan pendidikan berpengalaman di Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Vista punya banyak partner institusi yang tersebar di berbagai negara khususnya Korea Selatan.

Isi form konsultasi disini atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !