Syarat Masuk dan Biaya Kuliah di Edinburgh University
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Syarat Masuk dan Biaya Kuliah di Edinburgh University

Syarat Masuk dan Biaya Kuliah di Edinburgh University

Mau kuliah di Edinburgh University? cari tahu persyaratan masuk dan rincian biaya kuliah di Edinburgh University di artikel kali in, serta pelajari juga apa yang diperlukan untuk diterima dan berapa biaya yang harus Anda siapkan untuk studi di sana.

Edinburgh University / Universitas Edinburgh, merupakan salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia, berlokasi di ibu kota Skotlandia, Edinburgh. menduduki peringkat ke-16 di QS World University Rankings 2024. 

Universitas ini menawarkan berbagai program studi berkualitas tinggi di berbagai bidang, menarik banyak pelajar dari seluruh dunia, termasuk pelajar dari Indonesia.  Jika Anda berencana untuk melanjutkan kuliah di Edinburgh University, berikut dibawah ini adalah panduan mengenai biaya kuliah dan syarat masuk yang perlu Anda ketahui.

Jurusan Favorit di Universitas Edinburgh

Universitas ini menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, dan banyak jurusan yang menjadi favorit para calon mahasiswa. Berikut beberapa jurusan favorit di Universitas Edinburgh:

Fakultas Tinggi Seni, Humaniora & Ilmu Sosial

Sekolah Bisnis

Sekolah Ketuhanan

Sekolah Ekonomi

Sekolah Tinggi Seni Edinburgh

Sekolah Pendidikan dan Olahraga Moray House

Sekolah Kesehatan dalam Ilmu Sosial

Sekolah Sejarah, Klasik dan Arkeologi

Sekolah hukum

Sekolah Sastra, Bahasa dan Budaya

Sekolah Filsafat, Psikologi dan Ilmu Bahasa

Sekolah Ilmu Sosial dan Politik

Pusat Pembelajaran Terbuka.


Fakultas Kedokteran & Kedokteran Hewan

Sekolah Kedokteran Edinburgh

Sekolah Studi Kedokteran Hewan Royal


Fakultas Tinggi Sains & Teknik

Sekolah Ilmu Biologi

Sekolah Kimia

Sekolah Teknik

Sekolah Geosains

Sekolah Informatika

Sekolah Matematika

Sekolah Fisika dan Astronomi


Itulah jurusan kuliah yang tersedia di University of Edinburgh. Perlu diingat bahwa ini hanya beberapa jurusan favorit di Universitas Edinburgh. Universitas ini menawarkan lebih dari 200 program studi sarjana dan pascasarjana, jadi pastikan Anda memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Persyaratan Pendaftaran Di Universitas Edinburgh

Untuk Program Sarjana

  • Telah menyelesaikan pendidikan SMA dengan nilai yang baik.
  • Aplikasi Online: Calon mahasiswa harus mengisi formulir aplikasi online melalui portal resmi Edinburgh University. Informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan surat motivasi biasanya diminta dalam aplikasi ini.
  • Memiliki Transkrip Akademik: Calon mahasiswa harus menyertakan salinan transkrip akademik mereka yang menunjukkan prestasi akademik terkini.
  • Memiliki nilai tes SAT atau ACT yang tinggi.
  • Menulis esai lamaran yang kuat.
  • Menyediakan surat rekomendasi dari guru atau konselor.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan menunjukkan kepemimpinan.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan tes TOEFL atau IELTS.

Untuk Program Pascasarjana:

  • Telah menyelesaikan pendidikan S1 dengan nilai yang baik.
  • Aplikasi Online: Calon mahasiswa harus mengisi formulir aplikasi online melalui portal resmi Edinburgh University. Informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan surat motivasi biasanya diminta dalam aplikasi ini.
  • Memiliki Transkrip Akademik: Calon mahasiswa harus menyertakan salinan transkrip akademik mereka yang menunjukkan prestasi akademik terkini.
  • Memiliki IPK minimal 3.0.
  • Memiliki surat rekomendasi dari dosen.
  • Menulis esai lamaran yang kuat.
  • Menyediakan transkrip nilai.
  • Memiliki skor tes GRE atau GMAT yang tinggi (jika diperlukan).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan tes TOEFL atau IELTS.
  • Wawancara: Dalam beberapa kasus, calon mahasiswa dapat diundang untuk mengikuti wawancara sebagai bagian dari proses seleksi. Wawancara ini bertujuan untuk mengevaluasi motivasi, minat akademik, dan keterampilan komunikasi calon mahasiswa.
     
    Baca juga artikel menarik kami lainnya : Estimasi Biaya kuliah di Chulalongkorn University Dan Jurusannya


Biaya Kuliah di Edinburgh University Dalam Rupiah

Biaya kuliah di University of Edinburgh bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan, program studi, dan kewarganegaraan. Berikut dibawah ini adalah perkiraan biaya kuliah dalam rupiah:

Biaya Mahasiswa S1 di University of Edinburgh :

  • Warga Negara UK: £9.250 per tahun (sekitar Rp 172.500.000)
  • Mahasiswa UE: £9.250 per tahun (sekitar Rp 172.500.000)
  • Mahasiswa Internasional: £21.900 - £30.200 per tahun (sekitar Rp 406.500.000 - Rp 550.900.000)

Biaya Mahasiswa S2 di University of Edinburgh :

  • Biaya kuliah dapat bervariasi tergantung program studi.

Biaya Mahasiswa PhD di University of Edinburgh :

  • Biaya kuliah dapat bervariasi tergantung program studi.

Biaya Lainnya:

Selain biaya kuliah, Anda juga harus memperhitungkan biaya hidup di Edinburgh, seperti:

  • Akomodasi: £600 - £1.200 per bulan (sekitar Rp 11.100.000 - Rp 22.200.000)
  • Biaya Makan: £200 - £300 per bulan (sekitar Rp 3.700.000 - Rp 5.550.000)
  • Biaya Transportasi: £80 - £120 per bulan (sekitar Rp 1.500.000 - Rp 2.200.000)
  • Biaya Buku dan alat tulis: £50 - £100 per bulan (sekitar Rp 925.000 - Rp 1.850.000)

Baca juga artikel kami yang lain : Ini Tes Masuk Universitas di Amerika Untuk Siswa Internasional


Beasiswa University of Edinburgh 

University of Edinburgh menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk membantu meringankan biaya kuliah, terutama bagi mahasiswa internasional berprestasi.

Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang beasiswa di situs web resmi University of Edinburgh: https://www.ed.ac.uk/student-funding/postgraduate/international 

Berikut dibawah ini adalah beberapa beasiswa yang mungkin dapat Anda ajukan:

Beasiswa Berdasarkan Prestasi Akademik:

  • The Sheila Cannell Postgraduate Award: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar dengan prestasi akademik yang luar biasa, dengan IPK minimal 3.75. Beasiswa ini senilai £10.000 per tahun untuk program pascasarjana selama 1 tahun.
  • Edinburgh Global Undergraduate Mathematics Scholarships: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar internasional dengan prestasi akademik yang luar biasa di bidang matematika. Beasiswa ini senilai £5.000 per tahun untuk program sarjana selama 4 tahun.

Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan Keuangan:

  • Robertson International Scholarships: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar internasional dengan kebutuhan keuangan yang besar. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh, akomodasi, dan biaya hidup selama program sarjana 4 tahun.
  • The David and Molly Pyott Foundation Scholarships in Ophthalmology: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang ingin belajar program pascasarjana di bidang oftalmologi. Beasiswa ini senilai £10.000 per tahun untuk program pascasarjana selama 2 tahun.

Beasiswa Lain Yang Tersedia di University of Edinburgh :

  • The Kenneth Denbigh Scholarship: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar dari negara-negara berkembang yang ingin belajar program pascasarjana di bidang ilmu sosial. Beasiswa ini senilai £10.000 per tahun untuk program pascasarjana selama 1 tahun.
  • Moray House Country Scholarship: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar dari negara-negara berkembang yang ingin belajar program sarjana di bidang pendidikan. Beasiswa ini senilai £5.000 per tahun untuk program sarjana selama 4 tahun.
  • Clinical Management of Pain Scholarship: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang ingin belajar program pascasarjana di bidang manajemen nyeri klinis. Beasiswa ini senilai £5.000 per tahun untuk program pascasarjana selama 1 tahun.
  • Dean's Excellence Scholarship Programme: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar internasional dengan prestasi akademik yang luar biasa. Beasiswa ini senilai £2.000 per tahun untuk program sarjana 4 tahun.
  • Edinburgh Global Online Learning Masters Scholarships: Beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang ingin mengikuti program master online di University of Edinburgh. Beasiswa ini senilai £2.500 per program.

Berkuliah di University of Edinburgh merupakan investasi yang besar, baik dari segi finansial maupun waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan dengan matang dan memastikan Anda memenuhi semua persyaratan sebelum mendaftar.

Apakah Anda Punya Impian Kuliah Di Inggris Terutama di Edinburgh University ? Yuk, Konsultasikan Bareng Vista Education!

Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Inggris  terutama di Edinburgh University? Tapi masih bingung step by stepnya dan syarat apa yang harus dipenuhi? Yuk konsultasi gratis bareng konsultan pendidikan Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista Education siap membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi di Inggris, lho.Yuk, Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !