Syarat Nilai IELTS untuk Kuliah di Singapura, Inggris dan AS
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Syarat Nilai IELTS untuk Kuliah di Singapura, Inggris dan AS

Syarat Nilai IELTS untuk Kuliah di Singapura, Inggris dan AS

Temukan syarat nilai IELTS yang dibutuhkan untuk kuliah di universitas-universitas terkemuka di Singapura, Inggris dan Amerika di artikel kali ini.

Jika Anda memiliki mimpi untuk kuliah di Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat, salah satu syarat yang perlu dipenuhi adalah nilai IELTS (International English Language Testing System).  Skor IELTS diperlukan untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris pelamar dalam empat aspek, yakni : mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing) dan berbicara (speaking).

Tes ini diakui secara internasional dan banyak digunakan universitas di berbagai negara, termasuk Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).  Pada artikel ini kami akan membahas syarat nilai IELTS yang diperlukan untuk kuliah di negara-negara tersebut.

Persyaratan Nilai IELTS untuk Kuliah di Singapura

Singapura adalah salah satu negara  populer untuk untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Asia. Banyak universitas top di Singapura biasanya menuntut nilai IELTS yang cukup tinggi untuk memastikan mahasiswa internasional mampu mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris.

Secara umum, universitas di Singapura mensyaratkan nilai IELTS dengan minimal 6,0 - 6,5 untuk program S1 dan 7,0 untuk program S2 

1. National University of Singapore (NUS)

  • Minimum nilai IELTS: 6.5 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 6.0).

2. Nanyang Technological University (NTU)

  • Minimum nilai IELTS: 6.5 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 6.0).

3. Singapore Management University (SMU)

  • Minimum nilai IELTS: 7.0 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 6.5).


Persyaratan Nilai IELTS untuk Kuliah di Inggris

Inggris adalah salah satu tujuan utama bagi mahasiswa internasional terutama mahasiswa Indonesia mencari pendidikan tinggi berkualitas.

Skor minimal IELTS 6.0 - 6.5 untuk kuliah di Inggris umumnya diperlukan untuk program sarjana, namun universitas ternama di Inggris mungkin memerlukan skor 7.0 atau lebih tinggi. 

Ada juga beberapa universitas di Inggris yang mungkin menerima skor yang lebih rendah, seperti 6.0 atau 6.5. Beberapa program perkuliahan di Inggris juga menerima tes bahasa Inggris lain seperti TOEFL atau PTE Academic.


1. University of Oxford

  • Minimum nilai IELTS: 7.0 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 6.5).

2. University of Cambridge

  • Minimum nilai IELTS: 7.5 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 7.0).

3. London School of Economics and Political Science (LSE)

  • Minimum nilai IELTS: 7.0 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 7.0).

4. Imperial College London

  • Minimum nilai IELTS: 6.5 - 7.0 (tergantung pada program studi, dengan beberapa program memerlukan nilai lebih tinggi).

Persyaratan Nilai IELTS untuk Kuliah di Amerika Serikat

Kuliah di Amerika Serikat (AS) adalah impian banyak pelajar internasional, termasuk dari Indonesia. Dengan kualitas pendidikan yang tinggi, fasilitas lengkap, serta kesempatan yang luas dalam berbagai bidang, AS menjadi salah satu destinasi utama untuk melanjutkan pendidikan tinggi. 

Salah satu syarat melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat yakni memiliki skor IELTS sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa. 

Umumnya untuk program sarjana skor minimal IELTS di Amerika adalah 6.5-7.0  namun Universitas ternama di Amerika Serikat mungkin memerlukan skor 7.5 atau lebih tinggi. Beberapa universitas lain di Amerika Serikat juga mungkin menerima tes bahasa Inggris lain seperti TOEFL atau SAT.

1. Harvard University

  • Minimum nilai IELTS: 7.0 (beberapa program studi mungkin memiliki persyaratan yang lebih tinggi).

2. Stanford University

  • Minimum nilai IELTS: 7.0 (dengan tidak ada komponen yang kurang dari 6.5).

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

  • Minimum nilai IELTS: 7.0.

4. University of California, Berkeley

  • Minimum nilai IELTS: 6.5 - 7.0 (tergantung pada program studi).

Nilai IELTS dapat bervariasi antar program studi dan universitas dalam negara yang sama, yang harus Anda perhatikan ADALAH nilai IELTS hanyalah salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam proses penerimaan dan persyaratan kuliah ke luar negeri, faktor lain seperti nilai akademis, pengalaman kerja, dan surat rekomendasi juga tak kalah pentingnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk kuliah keluar negeri selalu periksa situs web resmi universitas atau program yang Anda minati untuk mengetahui persyaratan nilai IELTS terbaru.

Jika Skor IELTS Anda saat ini belum sesuai harapan Anda tidak perlu khawatir karena dengan persiapan yang matang dan latihan yang konsisten, Anda bisa memperoleh nilai IELTS yang Anda inginkan.

Baca juga artikel menarik lainnya : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar IELTS?


Yuk, Raih Skor IELTS Tertinggi Bersama Vista Education


Meskipun soal - soal  IELTS kelihatannya cukup sulit, tapi sebenarnya asalkan kita terus mencoba dan konsisten latihan soal - soal IELTS serta memahami karakteristik soal tersebut, pasti kita akan mendapatkan skor IELTS terbaik!

Nah, Jika Anda saat ini membutuhkan sertifikat IELTS untuk kebutuhan seperti pendidikan dan beasiswa, kini Anda bisa banget mengambil kelas persiapan IELTS di Vista Education, lho!  
Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini! atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !