Tips Lolos Jurusan Medis di Luar Negeri

Tips Lolos Jurusan Medis di Luar Negeri

Kuliah di bidang Kesehatan atau Medis sedang populer di berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu persaingan masuknya pun menjadi sangat kompetitif. Apakah kamu punya cita-cita menjadi dokter atau profesi lainnya di bidang kesehatan? Kamu boleh mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri sebagai alternatif. Akan ada keuntungan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan jika kuliah di dalam negeri, misalnya dalam hal pengalaman, bahasa, dan teknologi. Selanjutnya apa saja tips agar lolos kuliah medis di luar negeri?

Pahami Persyaratan Masuk

Jangan lupa untuk selalu aktif mencari informasi dan verifikasi ulang di semua universitas tujuanmu tentang apa saja persyaratan masuk di jurusan medis yang kamu pilih. Kemungkinan besar setiap universitas memiliki perbedaan syarat yang harus kamu penuhi. Kamu harus menyiapkan semua dokumen yang diminta oleh universitas. Jangan sampai kamu tidak memenuhi salah satunya, karena bisa saja itu membuatmu tidak lolos.

Penuhi Nilai Minimum yang Diminta

Untuk masuk di jurusan Medis biasanya nilai Matematika, Kimia dan Biologi yang bagus saat SMA akan sangat dipertimbangkan oleh universitas luar negeri. Kamu mungkin akan diminta untuk mengikuti tes khusus seperti UKCAT di Inggris, MCAT di Amerika, atau ISAT di Australia. Jangan lupa untuk memenuhi nilai minimum IELTS atau TOEFL yang disyaratkan oleh universitas tujuanmu. Mulailah dengan mengikuti kursus persiapan masuk universitas sehingga kamu lebih mantap saat ujian nanti dan peluang keberhasilanmu semakin besar.

Konsultasi dengan Penasehat Akademik

Saat ini banyak sekali lembaga konsultan pendidikan yang siap mendampingi persiapanmu kuliah di luar negeri. Salah satunya Vista Education ini. Kamu bisa datang ke pameran pendidikan yang biasanya mereka selenggarakan di berbagai kota atau langsung datang ke office. Kamu juga bisa berdiskusi via online dulu dengan mengisi form berikut

Melakukan konsultasi dengan penasehat akademik profesional akan membuatmu lebih memahami persyaratan kuliah apa saja yang dibutuhkan universitas tujuanmu. Biasanya mereka juga akan membantumu menyiapkan dokumen-dokumen yang kamu perlukan. Jadi kamu tak perlu mengurusnya sendiri dan tentunya lebih tenang karena ada seseorang berpengalaman yang membantumu.

Saat ini orang-orang semakin menyadari betapa pentingnya kesehatan. Mereka menjalankan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan berolahraga agar selalu fit dan tidak mudah sakit. Semakin banyaknya jenis penyakit yang ada di dunia membuat pasiennya pasti ingin cepat pulih. Karena itulah lulusan kuliah ilmu kesehatan dan kedokteran sangat dibutuhkan. Pekerjaan yang mulia sudah menantimu. Semoga berhasil!

Jangan lupa join ke webinar yang membahas Kuliah di USA vs UK yang juga membahas pathway ke medical school ya

Cek Infonya DISINI