Yuk, Kenali 7 Perbedaan Tes IELTS dan TOEFL Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Yuk, Kenali 7 Perbedaan Tes IELTS dan TOEFL Disini!

Yuk, Kenali 7 Perbedaan Tes IELTS dan TOEFL Disini!

Cari tahu perbedaan utama antara tes IELTS dan TOEFL dalam artikel ini. Dapatkan panduan lengkap untuk membantu Anda memilih tes yang tepat.

Anda berniat untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri? IELTS dan TOEFL adalah dua tes kemampuan bahasa Inggris yang paling banyak diambil sebagai syarat utama melanjutkan study ke luar negeri. Tapi, tahukah Anda bahwa kedua tes ini memiliki perbedaan yang mendasar?

Memilih tes yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan potensi Anda. Artikel kali ini akan membahas 7 perbedaan utama antara IELTS dan TOEFL agar kamu dapat memilih tes yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Struktur Tes

Tes IELTS terdiri dari dua versi, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, sedangkan IELTS General Training lebih cocok untuk tujuan imigrasi atau pekerjaan. Sedangkan, TOEFL hanya memiliki satu versi yang mengukur kemampuan bahasa Inggris akademik.

2. Skala Penilaian

Tes IELTS menggunakan skala penilaian 1-9, dengan 9 sebagai skor tertinggi. Sedangkan tes TOEFL, menggunakan skala penilaian 0-120, dengan 120 sebagai skor tertinggi. Perbedaan dalam skala penilaian ini dapat mempengaruhi bagaimana institusi pendidikan atau organisasi menginterpretasikan skor Anda.

3. Format Tes

Tes IELTS, terdiri dari empat bagian, yakni : Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Listening, Reading, dan Writing dilakukan pada hari yang sama tanpa jeda, sementara Speaking bisa dilakukan pada hari yang sama atau hingga seminggu sebelum atau sesudah tiga bagian lainnya.

Disisi lain Tes TOEFL juga terdiri dari empat bagian, yakni : Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Semua bagian dilakukan pada hari yang sama dengan jeda singkat di antara sesi.

Baca artikel menarik lainnya : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar IELTS?


4. Aksen Bahasa Inggris

Tes IELTS menggunakan berbagai aksen bahasa Inggris, termasuk aksen Inggris Britania, Amerika, dan Australia. TOEFL cenderung lebih fokus pada aksen Amerika.

5. Durasi Tes

Tes IELTS memiliki total durasi tes sekitar 2 jam 45 menit sedangkan tes TOEFL memiliki total durasi tes sekitar 4 jam.

6. Fokus Pengujian

Tes IELTS cenderung lebih fokus pada keterampilan komunikasi dalam konteks akademik dan sosial sedangkan tes TOEFL lebih berorientasi pada konteks akademik dan biasanya digunakan untuk penerimaan universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

7. Penerimaan di Institusi Pendidikan

Karena tes IELTS dan TOEFL adalah tes yang diakui secara internasional, banyak institusi pendidikan di seluruh dunia menerima kedua tes ini. Namun, ada beberapa institusi yang memiliki preferensi tertentu terhadap salah satu tes. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa persyaratan masuk dari institusi yang ingin Anda tuju.

Baca juga artikel kami lainnya : Berapa Skor Toefl Rata - Rata Orang Indonesia?


Memilih antara IELTS dan TOEFL tergantung pada kebutuhan pribadi dan tujuan Anda. Jika Anda berencana untuk belajar di universitas di Amerika Serikat atau Kanada, TOEFL mungkin lebih cocok. 

Namun, jika Anda mencari kesempatan di negara-negara Persemakmuran seperti Inggris, Australia, atau Selandia Baru, atau bahkan untuk tujuan imigrasi, IELTS bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Mengenal perbedaan utama diatas akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik dan memilih tes yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Yuk, Raih Skor IELTS & TOEFL Tertinggi Bersama Vista education


Meskipun soal - soal  IELTS / Toefl cukup sulit, tapi sebenarnya asalkan kita terus konsisten latihan soal - soal tersebut serta memahami karakteristik soal tersebut, pasti kita bisa mendapatkan skor terbaik yang kita inginkan!

Jika Anda saat ini membutuhkan sertifikat IELTS Atau TOEFL untuk kebutuhan seperti pendidikan dan beasiswa, kini Anda bisa banget mengambil kelas persiapan IELTS / TOEFL di Vista Education, lho!  

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini! atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !