Computer Engineering

Teknik komputer adalah salah satu cabang teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang ilmu komputer dan teknik elektronik yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer

Teknik komputer adalah salah satu cabang teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang ilmu komputer dan teknik elektronik yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Insinyur komputer biasanya memiliki pelatihan di bidang teknik elektronik (atau teknik listrik), desain perangkat lunak, dan integrasi perangkat keras-perangkat lunak, bukan hanya teknik perangkat lunak atau teknik elektronik. Insinyur komputer terlibat dalam banyak aspek perangkat keras dan perangkat lunak komputasi, mulai dari desain mikrokontroler individu, mikroprosesor, komputer pribadi, dan superkomputer, hingga desain sirkuit. Bidang teknik ini tidak hanya berfokus pada bagaimana sistem komputer itu sendiri bekerja tetapi juga bagaimana mereka berintegrasi ke dalam gambaran yang lebih besar.
 
Tugas biasa yang melibatkan insinyur komputer termasuk menulis perangkat lunak dan firmware untuk mikrokontroler tertanam, merancang chip VLSI, merancang sensor analog, merancang papan sirkuit sinyal campuran, dan merancang sistem operasi. Insinyur komputer juga cocok untuk penelitian robotika, yang sangat bergantung pada penggunaan sistem digital untuk mengontrol dan memantau sistem kelistrikan seperti motor, komunikasi, dan sensor.