Epidemiology

Sekilas mendengar, mungkin orang mengira jurusan ini berhubungan dengan pembelajaran tentang epidermis atau kulit manusia, tapi sebenarnya Epidemiology adalah ilmu yang mempelajari bagaimana suatu penyakit dapat muncul di masyarakat, pada kelompok tertentu, dan mengapa hal itu dapat terjadi

Sekilas mendengar, mungkin orang mengira jurusan ini berhubungan dengan pembelajaran tentang epidermis atau kulit manusia, tapi sebenarnya Epidemiology adalah ilmu yang mempelajari bagaimana suatu penyakit dapat muncul di masyarakat, pada kelompok tertentu, dan mengapa hal itu dapat terjadi. Informasi epidemiologi inilah yang kemudian akan membantu dalam penentuan kebijakan dalam hal pengendalian penyakit dan perencanaan kesehatan.

Epidemiologi merupakan ilmu dasar kesehatan masyarakat, proses penyelesaian masalah, serta kunci dari pelayanan kesehatan dan pencegahan penyakit. Epidemiologi mampu memaparkan asal mula penyakit, bagaimana penyakit dapat menyebar di masyarakat, seberapa besar kejadian penyakit pada spesifik populasi, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kejadian penyakit dan wabah, serta bagaimana cara mengendalikan penyakit tersebut. Secara sederhana, epidemiologi merupakan kunci penting untuk memahami penyebaran penyakit serta menciptakan kesehatan pada masyarakat luas.

Dengan situasi pandemic yang terjadi sekarang, tentunya peranan tenaga lulusan dari jurusan ini sangat diperlukan dan penting dalam membantu penelitian dan penetapan kebijakan dalam penanggulangan penyebaran penyakit dan pelayanan kesehatan 

Di US, program ini biasa nya tersedia di level Master atau S2 seperti Master of Public Health atau Master of Science (Epidemiology), jadi siswa/i dapat mempelajari major di level Bachelor seperti Biostatistics, Health Sciences, atau Nursing terlebih dulu untuk mendapatkan pemahaman dasar mengenai penyakit. Adapun universitas yang menyediakan program Epidemiology ini beberapa di antara nya adalah University of South Carolina, George Mason University dan University of Arizona.