4 Cara Meningkatkan Communication Skill
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Cara Meningkatkan Communication Skill

4 Cara Meningkatkan Communication Skill

Komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga orang lain akan memahami Informasi yang kalian berikan, dan sebaliknya. Apa saja yang perlu kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi?

Mendengarkan & Membaca

Informasi didapatkan melalui proses mendengarkan dan membaca. Maka untuk kalian dapat mendengarkan pendapat orang lain dengan baik sehingga akan menambah cara pandang terhadap suatu permasalahan. Selain itu membaca juga menjadi cara yang efektif untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitar kita. Sehingga nantinya kalian akan nyaman dan nyambung ketika berkomunikasi dengan lawan bicara. Nah, jadi obrolan kalian akan mengalir dan bahkan ada ‘isi’-nya, lho.

Eye Contact & Bahasa Tubuh

Kalian harus menatap lawan bicara kalian. Lakukan secara wajar, ya. Kontak mata dengan lawan bicara menandakan bahwa kalian meghargai mereka. Sehingga mereka pun akan nyaman mengobrol dengan kalian. Kontak mata juga akan menunjukkan keyakinan tentang apa yang kalian bicarakan, lho. Bila perlu tambahkan juga bahasa tubuh ketika berkomunikasi. Bersikaplah santai dan wajar ketika berkomunikasi sehingga lawan bicara akan nyaman. Untuk kalian yang sering gugup ketika memulai obrolan, boleh banget mulai melatih bahasa tubuh.

Lakukan Penyesuaian

Dalam berkomunikasi kalian akan menghadapi orang yang berbeda-beda, baik dari segi usia, latar belakang pendidikan, dan sejenisnya. Tentu kalian tidak dapat menyamaratakan bahasa ketika berkomunikasi dengan mereka. Misalnya ketika berbicara dengan para pedagang di pasar dan ketika berhadapan dengan dosen, kalian harus menyesuaikan Informasi yang menjadi bahasan. Bahasa dan istilah yang digunakan pun mungkin juga akan berbeda.

Beri Kesempatan Lawan Bicara

Komunikasi biasanya berjalan dua arah. Jadi kalian harus memberikan kesempatan pada lawan bicara untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Sehingga komunikasi akan berjalan secara seimbang. Hindari mendominasi sebuah percakapan karena akan membuat mereka tidak nyaman dan enggan berkomunikasi dengan kalian.

Ketrampilan berkomunikasi tidak dapat diperoleh dalam waktu singkat. Maka semakin sering bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang, kemampuan kalian akan semakin terasah. Yuk, mulai obrolan dengan orang lain!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !