5 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Jurusan Sastra Inggris
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Jurusan Sastra Inggris

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris adalah salah satu jurusan yang sangat diminati. Berbagai universitaspun banyak yang menyediakan jurusan ini. Tapi sebenarnya, seperti apa sih kuliah di jurusan Sastra Inggris itu? Yuk simak beberapa hal menarik dari jurusan ini.

Tak Melulu Belajar Bahasa

Siapa bilang kuliah di jurusan sastra inggris hanya belajar soal bahasa melulu. Nyatanya, di semester pertama, mahasiswa sastra inggris sudah menghadapi mata kuliah seperti reading, writing, speaking listening, bahkan grammar, jadi nggak lagi belajar bahasa inggris dari dasarnya. Selain itu di jurusan ini juga belajar pada bidang kesusastraan dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa inggris. Para mahasiswa di jurusan ini harus membaca banyak karya sastra dari Inggris mulai dari novel, cerpen, puisi. Harus kenal karya sastra dari yang klasik hingga modern serta harus banyak membaca teori filsafat mulai dari teori structural, feminism, sosiologi sastra, psikologi sastra dan lain-lain.  

Banyak Tugas Baca dan Tulis

Di jurusan Sastra Inggris, para mahasiswanya dituntut untuk banyak membaca. Khususnya membaca karya sastra Inggris seperti novel, puisi, dan puisi. Mahasiswa di jurusan sastra biasanya mendapat tugas wajib membaca di awal semester. Seperti salah satu perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswa jurusan ini untuk membaca dan merangkum 20 karya sastra di semester awal . Bayangin deh, betapa rajinnya mereka yang kuliah di jurusan ini.

Selain membaca, jurusan ini juga banyak memberikan tugas menulis kepada mahasiswanya.  Tiada hari tanpa membuat laporan penelitian, esai, makalah membuat karya sastra dan lain-lain. Tak heran mereka yang berada di jurusan ini memiliki keahlian menulis yang baik….

Belajar Sambil Nonton Film dan Bermain Teater

Nah, salah satu hal yang menyenangkan  dari jurusan sastra inggris adalah dari film saja mereka bisa belajar. Biasanya mereka mendapat tugas menonton film lalu menganalisisnya. Asyik, kan…….

Satu lagi, jurusan sastra inggris tak hanya mengajak mahasiswanya belajar melulu tapi juga berkarya. Ada mata kuliah stage performance yang mengharuskan mahasiswanya bermain peran dan mementaskannya. Mata kuliah ini membuat mereka belajar mengatur property, kostum, panggung, lighting, make up, music dan sebagainya.

Prospek Kerja Yang Luas

Banyak yang bertanya-tanya kuliah di jurusan sastra inggris mau jadi apa, ya? Paling jadi guru…

Eitss.. jangan salah! Di era yang serba digital ini prospek kerja urusan sastra inggris sangat banyak sekali. Berbagai perusahaan dan beragam jenis industry membutuhkan mereka agar bisa bersaing di kancah global. Beberapa peluang kerja lulusan sastra inggris yang sangat menjanjikan di era teknologi ini diantaranya translato, interpreter, blogger, freelance writer, ahli bahasa, diplomat, editor, PNS, tour guide, public relation, jurnalis, serta bekerja di kedubes atau perusahaan besar..

Kesempatan Ke Luar Negeri

Salah satu keuntungan kuliah di jurusan sasta inggris adalah mendapat banyak kesempatan ke luar negeri. Bukan dengan tiket promo, ya, melainkan dengan beasiswa. Beasiswanya berupa beasiswa summer course, short course, atau pertukaran pelajar selama satu semester bahkan setahun. Banyak juga lulusan dari jurusan ini yang kemudian melanjutkan studi S2 di luar negeri, lo. Sekarang kesempatan kuliah di luar negeri sangat lebar. Berbagai macam beasiswa menanti. Mereka yang sudah mempunyai modal bahasa yang baik biasanya akan lebih mudah mendapatkannya..

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !