8 Cara Sederhana Mencegah Virus Corona
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

8 Cara Sederhana Mencegah Virus Corona

8 Cara Sederhana Mencegah Virus Corona

Peningkatan kasus virus corona bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga berbagai belahan dunia. Saat ini, ada tiga negara di luar China yang terdampak paling parah wabah ini, yaitu Amerika Serikat, Italia, dan Spanyol. Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin yang dapat mengatasinya. Saat para peneliti melakukan rangkaian uji tes vaksin yang dapat digunakan sebagai penawar virus, maka kita harus waspada dan menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari virus corona.

 cara mencegah korona

Pembatasan aktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan adalah hal yang harus dilakukan. Bahkan pemerintah Indonesia juga menegaskan untuk lakukan social distancing disertai proses belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak semakin banyak orang yang terpapar virus Corona.

Berikut ialah sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona. 

 

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Walau terdengar umum, namun mencuci tangan adalah pangkal kebersihan dan kesehatan. Tangan adalah sumber kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan beragam penyakit. Cuci tangan minimal 20 detik dengan menggunakan sabun, dan air mengalir. Langkah ini efektif membunuh kuman dan bakteri, termasuk virus corona. Cuci tangan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran virus corona yang sangat diremondasikan, termasuk oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

 

2. Kenakan Masker

Meskipun virus corona tidak menular lewat udara, upayakan untuk menggunakan masker agar tetap terlindungi dari virus. Jika kondisi Anda sehat, maka masker kain sudah cukup aman untuk dipakai.Tapi jika kamu dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, maka upayakan untuk menggunakan masker medis yang memiliki ketebalan 3 lapis.

 

3. Pergi Ke Rumah Sakit Apabila Merasakan Gejala Sulit Bernafas

Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah lebih rentan terhadap serangan virus ini. Selain itu, kondisi musim juga mungkin berpengaruh. Contohnya, di Amerika Serikat, infeksi virus corona lebih umum terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Apabila gejala-gejala infeksi virus corona atau COVID-19 tak kunjung membaik dalam hitungan hari, atau gejalanya semakin berkembang, segeralah berkunjung ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Diagnosis dan penanganan yang cepat dan tepat, bisa meningkatkan peluang kesembuhan infeksi virus tersebut. 

 

4. Hindari Bersentuhan Langsung Dengan Binatang Yang Berisiko Membawa Virus

Berpelukan, dan berjabat tangan, adalah hal yang harus dihindari. Dengan menghindari kontak kulit maka tak ada kemungkinan perpindahan virus dan kuman yang terjadi. 

 

5. Hindari Makanan Daging Yang Berisiko Membawa Virus

Jangan lupa untuk mencuci bahan makanan sebelum disantap atau disimpan di dalam lemari pendingin. Buah-buahan dan sayuran bisa dibersihkan dengan larutan hidrogen peroksida atau cuka putih yang sangat aman digunakan untuk makanan.

 

6. Sering Berolahraga dan Tidur Yang Cukup

Hindari stres, makan makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap fit selama WFH di rumah. Saat imunitas tubuh baik, maka akan memperkecil kemungkinan Anda untuk terkena virus corona yang membahayakan kesehatan.

 

7. Waspada Pada Uang Kembalian dan Plastik Belanja

Salah satu hal yang sering kita anggap remeh adalah uang cash dan media untuk belanja. 2 Benda ini menjadi sarang paling disukai oleh kuman, bakteri dan virus. So, usahakan tak terlalu banyak bersentuhan langsung. Kita bisa menggunakan cashless untuk membeli sesuatu. Kita juga bisa membawa olastik sendiri saat berbelanja kebutuhan. Selain memang sedang dianjurkan, kamu juga bisa mempastikan kebersihan tas belanja kita sendiri. 

8. Tak perlu memegang-megang barang saat belanja dan perhatikan kebersihan troly 

Biasanya kita selalu coba cek kondisi barang dulu kan sebelum diambi?. Nah, sekarang jangan dulu ya. Siapa tahu, barang-barang yang terdisplay sudah disentuh oleh pembeli lain. Usahakan menggunakan sarung tangan atau plastik saat mengambilnya. Jangan lupa semprot handsanitizer ke pegangan trolley sebelum digunakan.


Stay safe teman-teman. Semoga ini semua cepat berlalu. 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !