Do & Dont Saat Wawancara Kerja Menggunakan Bahasa Inggris
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Do & Dont Saat Wawancara Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Do & Dont Saat Wawancara Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bahasa wajib yang harus kamu kuasai di dunia kerja. Terutama jika kamu bekerja di perusahaan besar dan multinasional. Bahkan, perusahaan start up pun sudah banyak yang menyertakan Bahasa Inggris sebagai syarat. Tidak ada alasan lain dong untuk belajar. Tak hanya sebatas kemampuan writing namun juga speaking. Salah satu kondisi yang mungkin akan kamu hadapi adalah interview atau wawancara dalam bahasa Inggris. Apalagi kalau nanti kamu ingin masuk ke perusahaan multinasional. Kamu sebaiknya sering berlatih speaking dan menguasai materi wawancara. Lalu apa saja do and don’ts selama wawancara berbahasa Inggris?

Do

  • Datang Tepat Waktu

Datang lebih awal akan membantu kamu untuk melakukan persiapan. Kamu bisa melihat lokasi tes sehingga kamu akan lebih siap mental dan tidak grogi. Kamu juga akan punya waktu sekedar untuk merapihkan pakaian. Bayangkan jika kamu datang mepet atau malah terlambat sampai di lokasi, bisa-bisa kamu akan grogi dan materi yang kamu siapkan menguap begitu saja.

  • Mulai Pembicaraan Ringan

Small talk dapatmenghilangkan rasa canggung dalam wawancara. dan membantumu untuk memupuk rasa percaya diri sejak awal sesi wawancara. Kamu dapat memulai percakapan seperti “Thanks for inviting me to this interview.”

  • Ceritakan Pengalaman dengan Runtut

Menceritakan pengalaman sebaiknya jika dimulai dari riwayat pengalamanmu yang paling baru, lalu berurut mundur ke belakang. Cobalah untuk menjual diri kamu sendiri, ceritakan mengenai pencapaian apa yang pernah kamu raih dan tujuan apa yang ingin kamu capai.

  • Jawab dengan Mantap

Jawablah pertanyaan dengan mantap, itu menunjukkan bahwa kamu percaya diri. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan materi yang mungkin ditanyakan saat wawancara dan berlatih untuk menjawabnya. Dijamin kamu akan lebih siap saat hari H wawancara.

Don’t

  • Memakai Bahasa Sehari-hari

Perhatikan gaya bahasa dan intonasimu dalam berbicara untuk menghindari kesalahpahaman dalam wawancara. Pilih kata-kata yang resmi dengan pengucapan yang tegas dan mantap. Ingat, ini adalah wawancara, bukan ngobrol dengan teman sekelas, ya!

  • Menyebutkan strength dan weaknesses Tanpa Bukti dan Solusi

Jangan sekedar menyebutkan kelebihan dan kekurangan. Pastikan kamu mencari informasi tentang jenis orang yang mereka butuhkan dan buktikan kelebihanmu sehingga mereka yakin kamulah orangnya. Saat ditanya mengenai weaknesses pastikan kamu menjelaskan bagaimana usahamu untuk memperbaiki kelemahan yang kamu miliki.

  • Menceritakan Pengalaman Panjang Lebar

Jangan bercerita terlalu panjang karena akan membuat pewawancara merasa bosan dan menghentikan pembicaraan. Tentu hal tersebut akan memperkecil peluang keberhasilanmu. Ceritakan hanya yang berkaitan dengan posisi yang kamu apply.

  • Menjawab I don’t know Saat ditanya Gaji

Ini berlaku jika kamu melamar di sebuah perusahaan. Kamu harus menjawabnya dengan percaya diri dan menyebutkan angka tanpa selling yourself terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ini merupakan cara untuk mengecek apakah kamu mengetahui industri tersebut dan apakah kamu menyadari kemampuanmu.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan dan tidak kamu lakukan saat intervies berbahasa Inggris. Mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya, baik untuk melanjutkan pendidikan atau saat seleksi masuk sebuah perusahaan. Yuk, tetap semangat belajar bahasa Inggris. Jika kamu ingin mendapat pelatihan profesional di Vista English. Chat admin untuk informasi lengkapnya ya

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !