Fakta Menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Fakta Menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering

Fakta Menarik Jurusan Mining and Mineral Engineering

 

jurusan pertambangan

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar jurusan Mining and Mineral Engineering atau teknik pertambangan? Kamu yang tidak suka pada sains dan matematika mungkin akan mengernyitkan dahi dan berpikir pasti ribet, susah dan lain sebagainya. Tapi, nyatanya, jurusan ini cukup ngehits  di kalangan anak-anak SMA/SMK lantaran lulusannya memiliki gaji yang besar. Wah..

Untuk tahu lebih jauh tentag jurusan ini,  yuk kita simak beberapa fakta menarik berikut.

Tak Hanya Belajar Sains dan Matematika

Sobat, ternyata jurusan ini tak hanya belajar fisika, kimiaa, biologi, dan matematika, lo, tetapi juga belajar juga ilmu geologi. Bahkan jurusan teknik pertambangan ini mirip dengan geologi hanya saja lebih difokuskan pada kegiatan pertambangan. Kamu yang ingin masuk jurusan ini harus siap-siap menguasai ilmu geologi yang berkaitan dengan bumi. Kamu harus tahu sifat-sifat bumi beserta jenis-jenis batu-batuannya.

Selain belajar illmu geologi, jurusan teknik pertambangan ternyata juga mempelajari ilmu ekonomi, loh. Hal ini karena saat melakukan proses penambangan, kita harus memperhitungkan kegunaan dari hasil tambang tersebut. Setelah itu, juga belajar mengolahnya agar bisa beranfaat bagi masyarakat atau tidak. Dalam mengolah tentunya harus memperhitungkan sisi ekonominya.

Biaya Kuliah Yang Tak Sedikit..

Nah! Bila kamu berniat masuk jurusan ini maka kamu harus menyiapkan biaya yang tak sedikit, ya. Jurusan teknik pertambangan sangat berbeda dengan jurusan lain. Kenapa? Karena tak hanya belaajar secara akademik saja di kelas-kelas melainkan juga ada kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun langsung terjun ke lokasi tambang. Tetunya ini mengeluarkan biaya banyak. Oleh karena itu, sebelum masuk urusan ini sebaiknya kamu mencari tahu biaya dalam perkuliahan sehingga nantinya bisa mempersiapkan dengan baik.

Kesempatan Kerja di Pemerintahan, Perusahaan Nasional Hingga Multinasional

Kesempatan kerja yang ditawarkan jurusan ini sangat luas, lo. Pantas saja banyak yang ingin masuk jurusan ini. Beberapa prospek kerja jurusan ini diantaranya bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya, di BUMN PLN dan Pertamina. Wah, menarik, ya, karena bisa bekerja di pemerintahan. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi peneliti tambang serta menjadi dosen jurusan pertambangan. Tak hanya itu saa, berbagai perusahaan swasta pun sudah menanti mereka untuk bergabung seperti PT. Freeport dan PT. Timah.

Gaji Tinggi

Tak perlu ditanya lagi, mereka yang lulusan jurusan teknik pertambangan dan telah bekerja memiliki gaji yang tinggi, lo. Tapi jangan salah, resiko dari pekerjaan mereka pun cukup tinggi karena berada di lapangan. Berbagai perusahaan berani menggaji mereka hingga 10 sampai 20 kali lipat. Sebagai seorang lulusan baru jurusan ini, kamu bisa merasakan gai Rp 10 juta hingga Rp 40 juta. Kisaran gaji tertinggi dipegang oleh Chiief Operating Officer dengan penghasilan sebesar Rp 150 juta sampai Rp 300 juta.Sayangnya, kamu harus kuat dan betah kerja jauh dari rumah..

 

Ayo cari tahu lebih banyak soal jurusan Mining & Mineral Engineering serta kampus mana yang bisa kamu pilih dalam

TOP 5 Education Fair 2020

Tips : Ada University of Utah yang bisa kamu kepoin nanti

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !