Jurusan Human Resource Management
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Human Resource Management

Jurusan Human Resource Management

Jurusan Human Resource Management atau Manajemen Sumber Daya Manusia mempelajari segala hal mengenai karyawan pada sebuah perusahaan. Kamu juga akan dilatih berkontribusi aktif untuk pencapaian tujuan bisnis serta mengembangkan berbagai strategi dan layanan sumber daya manusia untuk mendukung jalannya usaha. Beberapa ilmu berikut akan kamu dapatkan selama proses perkuliahan:
  • Rekrutmen dan Seleksi. Proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu untuk memilah calon karyawan yang cocok untuk dipekerjakan di perusahaan tersebut.
  • Manajemen Kompensasi dan Tunjangan. Penentuan pembayaran gaji, bonus, asuransi, serta tunjangan menjadi wewenang bagian Human Resource. Bagian ini akan erat kaitannya dengan bagian keuangan.
  • Pelatihan dan Pengembangan. Hal ini berkaitan dengan hak karyawan untuk dapat mengembangkan kemampuannya. Bagian HR biasanya akan menjadwalkan training atau pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan berkaitan dengan pekerjaannya.
  • Hubungan Perusahaan dan Karyawan. Poin ini berhubungan dengan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan. Misalnya tersedianya fasilitas penitipan anak di kantor, voucher nonton film gratis, atau diadakannya gathering. Sehingga diharapkan para karyawan akan nyaman dan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas. Setelah lulus dari jurusan ini kamu dapat menjadi seorang Human Resource Manager, Industrial Relations Officer, Payroll Manager, Equal Employment Officer, Human Resources Assistant, dan Human Resources Officer. Peran lulusan jurusan ini sangat penting pada sebuah perusahaan, baik swasta ataupun pemerintah. Hampir semua perusahaan pasti membuka kesempatan karir untuk bidang ini. Misalnya institusi pendidikan, yang membutuhkan lulusan jurusan ini dalam proses penerimaan siswa atau tenaga pengajar.

Beberapa kampus luar negeri yang memiliki Jurusan Human Resource Management diantaranya University of Birmingham, Devry University, Durham University, Thompson River University, dan University of Leicester. Sementara di dalam negeri biasanya bagian HR di perusahaan akan diisi oleh lulusan jurusan Psikologi. Memang masih nyambung, namun tentu fokus jurusan Psikologi akan berbeda.

Semoga ulasan tentang jurusan Human Resource Management ini dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang masih ragu untuk mendaftar di jurusan ini. Yuk, tetap siapkan yang terbaik untuk masa depan!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !