Jurusan Ilmu Kelautan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Ilmu Kelautan

Jurusan Ilmu Kelautan

 Jurusan Ilmu Kelautan

 

Masih inget dong dengan kasus paus mati di awal Desember 2018?. Yap, saat itu pantai di Wakatobi dibuat heboh dengan terdamparnya paus sperma sepanjang 9.5 meter. Sedihnya, paus tersebut mati dan memiliki 5.9 kg sampah dalam perutnya. Ada tutup botol, bungkus mie instan dan berbagai plastik lain dalam perutnya. Itu baru satu, kita tidak tahu ada berapa juta ikan lain yang menderita karena ulah kita. Apalagi kita hidup di negara maritim, harusnya kita bisa lebih menjaga dan merawat laut bukan?

Kuliah ke luar negeri, cara kuliah ke luar negeri, cara mudah kuliah ke luar negeri, konsultan pendidikan terdekat, konsultan pendidikan di jakarta, konsultan pendidikan di surabaya, konsultan pendidikan di Indonesia

(Gambar : Litbang Kemendagri ) 

 

Tahukah kamu? SDM manusia untuk mengelola laut di Indonesia masih sangat minim ?

Laut di Indonesia itu sangat luas. Bahkan lebih luas dari daratan yang kita miliki. Bayangkan berapa banyak sebenarnya sumber daya alam yang kita miliki?. Apalagi jika kita berhasil mengelolanya dengan baik. Tak cuma ambil kekayaanya loh, tapi juga berhasil merawat dan menjaganya tetap bersih. Tapi sayang, tak banyak dari kita yang akhirnya berkarir di bidang kelautan. Padahal, prospek dan kegiatan yang ditawarkan super menarik !. Pengen tahu?

Apa itu jurusan ilmu kelautan ?  

Jurusan ilmu kelautan dikenal dengan ilmu oceanology. Oceanos-berarti laut dan logos yang berarti ilmu. Secara sederhana, jurusan ilmu kelautan mempelajari tentang biota, hukum-hukum kelautan, geologi, bioteknologi, fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait.

Mengapa jurusn ilmu kelautan sangat menarik ?  

Ilmu kelautan sempurna untuk kamu yang menyukai aktifitas outdoor. Apalagi kalau kamu memang mencintai lautan. Karena, sesuai namanya, jurusan ini akan banyak membuatmu berada di daerah pesisir dan mempelajari objek secara langsung. Gak jarang kamu malah harus terjun langsung ke perairan. Baik itu untuk menyelam atau sekedar melakukan pengamatan.

Apakah kamu cocok dengan jurusan ini ?  

Jurusan Ilmu kelautan cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian berikut ini :

  1. Teliti
  2. Tekun
  3. Senang menganalisis
  4. Senang melakukan riset
  5. Gemar melakukan kegiatan outdoor
  6. Senang memecahkan masalah
  7. Mampu bekerja sama dengan tim

 

Prospek Jurusan Ilmu Kelautan

Dibandingkan dengan jumlah lowongan yang tersedia, jumlah praktisi ilmu laut tidaklah berimbang. Oleh karena itu, prospek jurusan ini sangat besar. Kamu bisa bekerja di lembaga swasta atau di area menteri kelautan dari level daerah sampai RI.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !