Jurusan Olahraga itu Ngapain Sih?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Olahraga itu Ngapain Sih?

Jurusan Olahraga itu Ngapain Sih?

jurusan olahraga, sport major

Kamu calon mahasiswa yang tengah sibuk untuk menentukan jurusan kuliah? Sudah bosan melihat tingginya pendaftar jurusan ekonomi dan teknik?  Ingin kuliah dengan jurusan yang sedikit berbeda? Jurusan olahraga ini bisa menjadi pilihan buat kamu. Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

Jurusan olahraga adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu keolahragaan. Untuk kamu yang suka belajar di luar ruangan, jurusan ini cocok buat kamu karena > 70% materi yang disampaikan adalah di luar kelas. Jadi, ucapkan selamat tinggal untuk tumpukan buku-buku yang memberatkan! Mayoritas peminat jurusan ini memiliki tingkat kesehatan yang tinggi dan mempunyai bakat olahraga.

Pada umumnya lulusan dari fakultas ilmu olahraga di bedakan menjadi dua. Pertama untuk lulusan Sarjana Pendidikan Olahraga adalah S.Pd. dan dengan gelar tersebut lulusannya memiliki kecakapan dalam pengajaran di bidang olahraga.  Kedua untuk lulusan Sarjana Ilmu Olahraga adalah S.Or. dan dengan gelar tersebut lulusannya memiliki kecakapan dalam penelitian di bidang olahraga. Berikut adalah beberapa fokus jurusan olahraga:

  1. Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S.Pd). Jurusan ini bertujuan untuk melahirkan pendidik di bidang olahraga. Dan jurusan ini mempelajari metode-metode pendidikan dan pengembangan anak muda pada tingkat SD, SMP, dan SMA.  
  2. Pendidikan jasmani, rohani, dan kreasi (S.Pd)Secara khusus kamu akan mempelajari salah satu bidang olahraga yang kamu minati. Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu mengasuh klub-klub olahraga.
  3. Ilmu keolahragaan (S.Or).Jurusan ilmu keolahragaan akan mempelajari tentang ilmu-ilmu olahraga dan mengasah kemampuan spesialisasi bidang olahraga yang kamu pilih.
  4. Olahraga rekrasi (S.Or).Olahraga rekreasi akan mempelajari tentang hubungan olahraga terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesehatan jasmani masyarakat. Jurusan ni akan fokus mempelajari jenis olahraga dan metode yang cocok untuk berolahraga.
  5. Kepelatihan kecabangan olahraga (S.Or). Jurusan ini akan fokus pada pembahasan metode-metode khusus dalam kepelatihan dan diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan metode-metode tersebut secara kreatif dan aplikatif.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan olahraga begitu beragam seperti guru olahraga, instruktur kebugaran, peneliti keolahragaan, dan tenaga non medis di bidang olahraga. Semoga ulasan di atas bisa memberikan kamu informasi mengenai jurusan olahraga ya!

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !