Jurusan Public Relation atau Broadcasting?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Public Relation atau Broadcasting?

Jurusan Public Relation atau Broadcasting?

Jurusan Public Relation atau Broadcasting, Mana yang Cocok Untukmu?

Meski sama-sama berhubungan langsung dengan khalayak, kedua bidang ini memiliki banyak perbedaan. Berikut ulasan mengenai jurusan public relation dan broadcasting

Public Relation (Hubungan Masyarakat)

Bidang ini fokus pada pencitraan positif pada suatu institusi. Seorang public relation officer bertugas untuk menjaga hubungan baik dengan kalangan internal maupun eksternal perusahaan. Seorang public relation (PR) menjalankan program-program yang dapat meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat, misalnya melalui CSR (Corporate Social Reponsibility). Selain itu mereka juga harus turun tangan apabila terjadi krisis di suatu perusahaan, misalnya ketika pimpinan perusahaan terjerat kasus korupsi, dimana dengan kasus tersebut reputasi perusahaan akan terancam. Maka seorang PR harus melakukan klarifikasi agar berita yang tersebar di masyarakat tidak simpang siur, serta harus melakukan upaya-upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Untuk itu, PR harus memiliki hubungan yang baik dengan pihak media. Bidang ini sangat cocok untuk kalian yang suka berinteraksi dengan orang lain, menyukai tantangan, dan memiliki ide-ide yang applicable.

Broadcasting (Penyiaran)

Broadcasting adalah salah satu cabang dari ilmu komunikasi yang mempelajari penyampaian pesan melalui media elektronik, seperti radio, televisi, dan internet. Mahasiswa pada jurusan ini akan mempelajari pembuatan konten, yakni bagaimana menggarap sebuah ide menjadi suatu program acara yang dapat dinikmati oleh khalayak. Mereka juga mempelajari beragam profesi dalam dunia penyiaran, misalnya bagaimana peran seorang produser, director, floor director, script writer, cameramen, audio dan video editor, dan masih banyak lagi. Seringnya tugas-tugas perkuliahan pada jurusan ini juga dikerjakan secara berkelompok, seperti yang akan dialami saat terjun di dunia kerja. Sehingga selain mempelajari masing-masing skill, kalian juga dituntut untuk memahami berbagai karakter orang yang berbeda-beda. Jurusan penyiaran ini patut diperhitungkan oleh kalian yang pekerja keras, kreatif, dan berjiwa seni.

 

Nah, sekarang sudah tau bedanya, kan? Semoga dapat memberikan gambaran bagi kalian yang masih bingung memilih jurusan, ya!

-Miza

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !