Jurusan Teknik Lisrik atau Electrical Engineering
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Teknik Lisrik atau Electrical Engineering

Jurusan Teknik Lisrik atau Electrical Engineering

jurusan listrik, jueusan elektronika

Teknik listrik atau electrical engineering adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan mempelajari konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik atau elektronik. Semua tertuang dalam beberapa mata kuliah berikut:
  1. Matematika Teknik, Matematika Elektro, Matematika Diskrit & Logika
  2. Fisika Teknik, Fisika ELektro
  3. Elektronika Dasar, Elektronika Analog, Elektronika Digital
  4. Pemrograman Dasar
  5. Teknik Instalasi
  6. Teknik Microprocessor
  7. Pengukuran dan Instrumentasi

Jika kamu telah lulus dari jurusan ini kamu dapat menjadi seorang engineer di beberapa perusahaan, seperti PLN, Krakatau Steel, Pertamina, Semen Indonesia, dan perusahaan BUMN lainnya. Selain itu kamu juga dapat menjadi seorang peneliti dan pengajar di sekolah atau universitas. Menjadi seorang entrepreneur di bidang elektro juga tak ada salahnya. Banyak sekali ide kreatif yang dapat dibuat dengan teknologi internet of things (IoT).

Beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Jika berminat melanjutkan studi di luar negeri, beberapa kampus ini dapat menjadi referensi kamu, diantaranya Victoria University, University of Brighton, Queen Mary University of London, Tuanku Abdul Rahman University College, dan Florida Institute of Technology.

Jadi, jangan berpikir lulusan jurusan ini hanya bisa servis barang-barang elektronik, ya! Karena ternyata hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan jurusan ini, lho!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !