Jurusanmu Ditolak Ortu? Ayo Coba Lakuin ini
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusanmu Ditolak Ortu? Ayo Coba Lakuin ini

Jurusanmu Ditolak Ortu? Ayo Coba Lakuin ini

 

kuliah di USA, kuliah S2 di USA

Orang tua memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendidik dan mengarahkan pendidikan anak-anaknya. Mereka menginginkan yang terbaik bagi kalian. Saat ini mungkin kalian sedang menghadapi orang tua yang tak menyetujui pilihan jurusan kalian. Ada baiknya untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

Mencari tau mengapa orang tua tidak setuju

Ada beragam alasan mengapa orang tua tak menyetujui jurusan kuliah pilihanmu, misalnya karena menginginkan kamu meneruskan profesi keluarga (orang tua berprofesi sebagai dokter, maka mereka ingin kamu menjadi dokter), prospek jurusan yang menurut mereka kurang menjanjikan, hingga masalah biaya yang terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga kalian. Dengan mengetahui penyebabnya, kalian akan siap dengan solusi yang mungkin dapat kalian berikan. Misal untuk alasan ekonomi, kalian harus berusaha mencari beasiswa untuk meringankan beban orang tua.

Dapatkan Informasi jurusan sedetail mungkin

Selain mengetahui alasan orang tua, kalian juga harus mengetahui secara menyeluruh mengenai jurusan yang kalian mau. Hal ini dapat kalian lakukan dengan mengakses situs resmi kampus yang kalian tuju. Mencari Informasi melalui para alumni juga dapat menjadi informasi yang valid karena mereka pernah menempuh studi di kampus tersebut. Salah satu yang penting adalah kalian harus melihat bagaimana prospek kerja jurusan tersebut di masa depan apakah bidang itu sedang berkembang dan membutuhkan banyak tenaga profesional? Intinya kalian harus mempunyai ‘perbekalan yang cukup’ untuk menjelaskan pada orang tua nanti.

Jelaskan kepada orang tua

Tidak cukup hanya dengan mengatakan kalian ingin masuk di jurusan a, b,c. Tunjukkan kalau kalian memang berminat kuliah di jurusan itu. Kalian juga harus menjelaskan lebih dalam mengenai jurusan yang kalian minati, kampus yang kalian ingini, bagaimana fasilitas dan dukungan kampus untuk mahasiswanya. Jangan sampai orang tua mempertanyakan, mau jadi apa kalian setelah lulus dari jurusan itu? Ingat, jangan sampai berdebat dengan orang tua, ya! Kalian harus berpikir dari sudut pandang orang tua dan harus selalu kalian ingat bahwa orang tua hanya menginginkan kebaikan untuk anak-anaknya.

Ajak ke Pameran Pendidikan

Mengapa? Karena disini kamu dan keluarga akan diajak berdiskusi langsung dengan para konsultan. Selain itu, perwakilan kampus yang hadir juga siap memberi masukan lain. So, kamu dan keluarga akan mendapat insight yang lebih luas soal jurusan yang kamu pilih. Bisa jadi, hal ini akan membuka mata orang tua kamu untuk segera memberi restu. Pameran pendidikan terdekat yang bisa kamu ikuti adalah TOP 5 Education Fair 2020

Secara garis besar, yang kalian butuhkan hanyalah menjalin komunikasi yang baik dengan ornag tua kalian, bahkan bisa berdiskusi mengenai pilihan kalian. Jangan buru-buru emosi, ya! Orang tua hanya menginginkan yang terbaik untuk kalian.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !