Kapan Harus Ambil Community College di USA?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kapan Harus Ambil Community College di USA?

Kapan Harus Ambil Community College di USA?

Apakah kamu masih asing dengan istilah community college?. Jika iya, mari kenalan dulu. Jadi, Community college adalah perguruan tinggi dua tahun di Amerika.   Community College seperti halnya program Diploma atau lebih tepatnya D2  jika di Indonesia.Kurikulum dan standarnya pun sama seperti perguruan tinggi. Dalam dua tahun, materi yang akan kamu dapatkan lebih padat dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia profesional. Lulus dari sini, kamu bisa mendapat gekar associate. Kamu juga bisa langsung transfer ke universitas tanpa mengulang dari semester 1. Lalu kapan kamu harus ambil community college di AS?

Saat Bahasa Inggris-mu Kurang Mumpuni

Community college membantu siswa yang tidak memiliki kualifikasi untuk mendaftar di universitas impian mereka akibat nilai yang kurang tinggi. Termasuk dalam hal kemampuan berbahasa Inggris. Untuk itulah community college biasanya juga menawarkan kelas persiapan Bahasa Inggris. Khususnya untuk para siswanya yang nantinya diharuskan untuk menulis banyak esai berbahasa Inggris.

Saat Kamu Ingin Biaya Kuliah Lebih Murah

Kuliah di community college terhitung lebih hemat dibanding kuliah di perguruan tinggi dari awal masuk. Misalnya untuk menyelesaikan 24 SKS di salah satu community college di California menghabiskan dana sekitar 6.000 dollar AS, dimana jika ditempuh di perguruan tinggi California akan memakan biaya sampai 16.500 dollar AS. Jadi akan cukup banyak uang yang bisa kamu hemat jika menempuh sebagian studi di community college sebelum melanjutkan ke perguruan tinggi.

Saat Kamu Khawatir Sulit Beradaptasi

Saat masuk di community college, kamu akan mempelajari pengetahuan umum sebagai modal masuk ke universitas. Kamu juga akan mempelajari materi sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Disini kamu akan beradaptasi dengan sistem pendidikan di Amerika yang berbeda dari sistem di Indonesia. Harapannya nanti kamu akan lebih siap menjalani perkuliahan di universitas.

Jika kamu merasakan salah satu hal di atas, berarti itulah saatnya kamu ambil community college. Mengambil kelas community college sudah menjadi hal yang lazim di AS, jadi. Data American Association of Community College tahun 2012 menunjukkan bahwa hampir setengah dari 12,4 juta mahasiswa yang terdaftar di 1.167 community college melanjutkan studinya ke jenjang S1 di beberapa perguruan tinggi AS. Jadi, kamu nggak perlu ragu untuk ambil community college sebelum masuk ke universitas, ya. Jika kamu bingung community college mana yang terbaik untukmu, kamu bisa meninggalkan data diri di form konsultasi sebelah. Konsultan kami akan senang hati berdiskusi denganmu. 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !