Mengapa Harus Pilih Jurusan Fashion Design?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengapa Harus Pilih Jurusan Fashion Design?

Mengapa Harus Pilih Jurusan Fashion Design?

Mengapa Harus PIlih Jurusan Fashion Design?

 

Membicarakan fashion memang tak akan ada habisnya. Tren fashion terus berkembang dan berubah-ubah dari masa ke masa. Setiap orang pun pasti memiliki interest masing-masing terhadap tren fashion tertentu. Nah, untuk kalian yang gemar mengikuti perkembangan tren fashion dan menyukai segala hal yang berkaitan dengan bidang fashion, karir sebagai fashion designer akan sangat cocok untuk masa depanmu. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Mengandalkan Kreativitas

Bidang ini menuntut kreativitas kalian untuk menuangkan ide yang kalian miliki ke dalam bentuk gambar. Kemudian gambar tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk prototype. Pada proses ini seorang fashion designer lah yang akan memilih jenis bahan yang akan digunakan dalam pembuatan busana rancangannya. Maka, dalam prosesnya kalian harus seringkali melakukan survey bahan-bahan agar lebih memahami jenis bahan untuk setiap bagian. Tentu jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai details dan tantangan.

Luasnya Kesempatan Berkarir

Memilih jurusan fashion design tidak melulu harus jadi seorang perancang busana, ya. Banyak profesi lain, yang masih berkaitan dengan bidang ini, yang dapat kalian pilih. Misalnya fashion merchandising, fashion buying, fashion marketing, fashion journalist, dan fashion production. Memiliki keahlian ini memberikan pilihan yang beragam, apakah kalian akan menjadi seorang entrepreneur atau bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang fashion.

Kesempatan Belajar di Seluruh Dunia

Banyak sekali perguruan tinggi di seluruh dunia yang menawarkan jurusan fashion design. Misalnya Inggris, New Zeland, Amerika Serikat, dan Australia. Keunggulan menempuh studi bidang ini di luar negeri adalah kesempatan magang di industri-industri fashion. Salah satu contohnya adalah Sheffield Hallam University Inggris yang memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk magang di perusahaan fashion terkemuka, seperti Burberry, All Saints, dan Reiss.

Melimpahnya Jenis Bahan di Indonesia

Baik menempuh studi fashion design di dalam maupun luar negeri, keragaman bahan yang tersedia di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bahan kain asli Indonesia bahkan sudah seringkali dimanfaatkan oleh para fashion designer, misal kain bati, lurik, dan tenun. Masing-masing memiliki karakter yang membedakan dengan bahan lainnya. Sehingga menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi kalian yang ingin membuat suatu produk fashion sekaligus mengenalkan produk budaya Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa paparan mengenai jurusan fashion design. Semoga bermanfaat, ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !