Suka Duka Jurusan Teknik Robotika 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Suka Duka Jurusan Teknik Robotika 

Suka Duka Jurusan Teknik Robotika 

Jurusan teknik robotika merupakan jurusan yang cukup populer di kalangan pelajar. Penggemar robotic sendiri cukup banyak peminatnya. Mereka yang sebelumnya menggeluti robotika di sekolah kebanyakan mengaambil jurusan ini saat kuliah. Nah, sebenarnya bagaimana, sih, jurusan robotic ini. Yuk simak penjelasan berikut.

Dapat Banyak Pengetahuan dan Ketrampilan

Di jurusan ini kamu bakal dibekali sangat banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakuin oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri. Yang wajib kamu tau bahwa dijurusan ini kamu bakal dapet mata kuliah yang jumlah nya 21 jenis dan bakal bikin kamu berpikir sangat kreatif dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan dituangkan menjadi dalam konsep pembuatan robot yang super canggih. kalo kamu minat dengan jurusan ini maka kamu bisa kerja diberbagai bidang industri contohnya otomasi proses produksi pada manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, industri desain, dll

Biaya Kuliah Yang Cukup Besar

Banyak yang bertanya-tanya biaya kuliah jurusan ini. kuliah di jurusan robotic memang lumayan merogoh kocek. Belajar robotika tak cukup hanya di kelas dan teori-teorinya saja melainkan juga butuh praktik membuat robot yang memerlukan banyak biaya. Beberapa bahan pembuatan robot yang bagus pun juga tak mudah didapat

Kamu Harus Rela Waktumu Habis Demi Membuat Robot

Menjadi mahasiswa robotika memang harus  siap bila waktunya banyak tersita untuk kegiatan perkuliahan. Selain harus mempelajari teori yang njlimet, mereka juga harus rela menghabiskan waktunya untuk menciptakan robot, pemrogramannya, hingga robot itu siap digunakan. Pastinya ini membutuhkan waktu yang tak sedikit. Kamu sudah siap?

Prospek Kerja Beragam

Prospek kerja jurusan Teknik Robotika cukup beragam diantaranya Spesialis Robotik, Mekanik Mesin Industri berbasis robot, programmer peralatan yang dikontrol oleh Komputer Numerik, Ahli Teknik Mesin, Ahli Teknik Elektronik, Ahli Mekatronik, Programmer Komputer, hingga Ahli Robotik! Keren banget bukan? Hampir semua bidang industry membutuhkan karena mereka yang berasal dari jurusan ini mampu menghandle project-project manufaktur modern. Bukan hanya di industry, lulusan program ini juga bisa berkarir di perguruan tinggi, lembaga penelitian, instansi pemerintahan, dan menjadi entrepreneur.

Bahagia Karena Berkarya

Salah satu kebahagiaan mahasiswa jurusan ini adalah apabila mereka berhasil berkarya. Mampu menghasilkan robot yang bermanfaat bagi banyak orang. Banyak dari mahasiswa Indonesia yang telah menghasilkan robot diantaranya mahasiswa ITB yang berhasil membuat robt pembersih rumput liar, robot tank yang dibuat mahasiswa ITS, robot pemadam kebakaran karya mahasiswa PENS, dan masih banyak lagi. Robot yang dibuat oleh mahasiswa Indonesia ini bahkan sudah memenagkan banyak kompetisi dan menang di tingkat Internasional mengalahkan Amerika dan Cina.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !