Belajar Past Tense Yuk ! 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Belajar Past Tense Yuk ! 

Belajar Past Tense Yuk ! 

Apa itu past tense? yuk belajar grammar bareng

Saat ini bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang wajib dikuasai. Setelah mengenal vocabulary, kamu harus bisa menggunakannya dalam struktur kalimat atau tenses, salah satunya adalah past tense. Simple past tense adalah kalimat tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi pada masa lampau dan telah berakhir juga di masa lampau.

Untuk membentuk kalimat simple past tense, rumusnya adalah:

Subject + Verb 2 + Object

Dalam kalimat simple past tense, kata kerja/verb yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua. Terdapat 2 jenis verb, yaitu Regular Verb dan Irregular Verb.

Past Tense pun memiliki 4 bentuk, yaitu:

Simple Past

Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang telah terjadi di masa lampau. Contoh: Andi and Budi played tennis yesterday.

Past Continuous

Past Continuous adalah kegiatan yang sedang terjadi di masa lampau. Misalnya: Andi and Budi were playing tennis. Pola kalimat tesebut adalah Subject + to be (were) + Verb-ing (playing).

Past Perfect

Past Perfect digunakan untuk menyatakan kegiatan yang telah selesai dilakukan sebelum kegiatan lain di masa lampau dimulai. Jadi Past Perfect selesai dilakukan sebelum Past Tense dimulai. Misalnya sebelum main tenis, Andi dan Budi mengajak Cika dan Ciki ikut main tenis bersama. Tapi mereka menolak karena udah selesai main tenis. Maka kalimatnya adalah sebagai berikut: Cika and Ciki had already played tennis when Andi and Budi asked them.

Past Perfect Continuous

Sedangkan Past Perfect Continuous digunakan untuk menyatakan kegiatan terjadi di masa yang lebih lampau tapi masih ada hubungannya dengan kejadian di masa lalu. Misalnya: Cika and Ciki were tired because they had been playing tennis for two hours.

Itulah beberapa rumus dan contoh Past Tense yang harus kamu pelajari. Ternyata belajar bahasa Inggris tak serumit yang kamu bayangkan, kan? Jadi jangan ragu untuk meningkatkan skill bahasa Inggris-mu, baik di sekolah atau di tempat les. Selamat belajar!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !