10 Universitas Terbaik di Korea Selatan Tahun 2024 Versi QS Rankings
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Universitas Terbaik di Korea Selatan Tahun 2024 Versi QS Rankings

10 Universitas Terbaik di Korea Selatan Tahun 2024 Versi QS Rankings

Apakah Anda berminat kuliah di Korea Selatan? Jika iya, Anda harus tahu nih universitas terbaik di Korea Selatan itu apa saja ya?

Korea Selatan telah lama dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan terbaik di dunia. Dengan inovasinya yang terus menerus dan penekanan pada penelitian dan pengembangan, negara ini telah berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang sangat kompetitif. 

Memilih universitas untuk melanjutkan studi di Korea Selatan bisa menjadi keputusan yang sulit dan susah - susah gampang. Dengan banyaknya list universitas di korsel, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti reputasi akademik, program studi yang ditawarkan, biaya kuliah, dan lokasi di sekitar kampus.

Berikut dibawah ini adalah daftar 10 universitas terbaik di Korea Selatan berdasarkan QS World University Rankings 2024:



1. Seoul National University (SNU)

SNU adalah salah satu universitas terbaik no 1 di Korea Selatan dan memiliki reputasi global yang luar biasa peringkat 41 ke dunia, dan dikenal karena keunggulan akademik dan penelitiannya terutama di bidang studi  sains, teknik, kedokteran, dan humaniora.

Universitas ini menawarkan 85 program Sarjana, 106 program Magister, dan 107 program Doktoral, serta memiliki 16 fakultas dan 12 sekolah Pascasarjana profesional.


2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST adalah institusi penelitian sains dan teknik pertama dan tertua serta terbaik nomer 2 di Korea Selatan dan memiliki peringkat ke 56 di dunia. Universitas terkenal karena keunggulannya dalam program teknik dan ilmu komputernya yang mendunia.  

Universitas ini juga menawarkan program kuliah berbahasa Inggris untuk jurusan Kimia, Biologi, Teknik Biomedis, Neurosains, dan Robotik, serta memiliki biaya kuliah sekitar USD 24.000 per tahunnya.


3. Yonsei University

Yonsei University memiliki reputasi global yang baik yakni di peringkat dunia 76, dan ke 3 di korea selatan. Universitas ini adalah universitas riset swasta di Seoul yang berdiri sejak tahun 1885. 

Universitas ini menawarkan lebih dari enam puluh program dan departemen yang mencakup beragam bidang studi, mulai dari Hukum, Administrasi Bisnis, Seni Liberal, Bahasa dan Sastra Korea, hingga Ilmu Hayati, Bioteknologi, dan Teknologi Pangan.


4. Korea University

Korea University adalah universitas riset swasta yang didirikan pada tahun 1905, memiliki peringkat ke 79 di Dunia. Universitas ini terdiri dari tiga kampus: Kampus Anam, Kampus Sejong, dan Kampus Seoul, Universitas ini fokus pada pendidikan holistik dan pengembangan karakter. 

Korea University menawarkan lebih dari enam puluh program dan departemen yang mencakup beragam bidang studi termasuk bisnis, ekonomi, dan jurnalistik baik untuk jenjang sarjana dan pascasarjana.

Dengan beragam program studi yang ditawarkan di berbagai bidang, universitas ini menjadi daya tarik banyak siswa yang ingin mengejar karir di bidang akademik dan profesional.


5. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

POSTECH berdiri pada 1986 oleh POSCO dan memiliki peringkat dunia 100, Universitas ini fokus pada sains dan teknologi.

Universitas ini memiliki luas kampus 1,6 juta meter persegi dan terdiri dari 81 departemen dan 15 fakultas serta menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai bidang seperti Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Material.

Baca artikel menarik lainnya : Apakah kuliah di Korea harus bisa bahasa Korea? Cek, Jawabannya Disini!




6. Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU adalah universitas riset swasta bergengsi yang terletak di Seoul dan Suwon, Korsel. Universitas ini berdiri pada 1398 dan menjadi lembaga pendidikan tertua di Korsel, yang awalnya didirikan sebagai sekolah Konfusianisme oleh Dinasti Joseon. 

Universitas ini memiliki peringkat dunia 145 dan  sangat terkenal dengan program studi seni liberal dan ilmu sosialnya. 


7. Gwangju Institute of Science and Technology (GIST)

Gwangju Institute of Science and Technology merupakan universitas riset nasional yang didirikan pada 1993 oleh pemerintahan korsel. GIST terletak di Gwangju, Korea Selatan, dan memiliki peringkat dunia 328.

Universitas ini menawarkan program studi yang sangat terfokus pada sains dan teknologi, meliputi bidang seperti fisika, kimia, biologi, teknik, dan lain-lain.


8. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST adalah universitas teknologi yang berdiri pada 2009 di Ulsan, Korea Selatan. Universitas ini memiliki peringkat dunia ke 266 serta menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai bidang seperti Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Material. UNIST juga terkenal dengan program ilmu material dan teknik kimianya yang inovatif.


9. Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST)

Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology atau biasa disingkat DGIST merupakan salah satu universitas terbaik di Korea Selatan Ranking ke-9 dan rangking dunia ke 307. Universitas ini berlokasi di kota Daegu dan sudah berdiri dari tahun 2004. 

DGIST adalah universitas teknologi yang berdiri pada 2004 di Daegu, Korea Selatan. Universitas ini menawarkan program Sarjana dan Pascasarjana di berbagai bidang seperti Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Material.  Lulusan dari universitas ini banyak yang menduduki posisi penting di perusahaan top Korea seperti Samsung dan LG.


10. Sejong University

Sejong University adalah universitas swasta yang berdiri pada 1940 dengan nama Kyung Sung. Universitas ini memiliki peringkat dunia ke 494 dan menawarkan program Sarjana, Magister, dan Doktoral di berbagai bidang, serta memiliki 16 fakultas dan 12 sekolah Pascasarjana profesional.

Baca juga artikel kami yang lain : Apakah di Korea boleh kuliah sambil kerja


Berikut beberapa informasi tambahan yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Biaya kuliah di beberapa universitas ini dapat mencapai USD 24.000 per tahunnya atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 395.067.600

  • Beberapa universitas memiliki program kuliah berbahasa Inggris, seperti KAIST dan Yonsei University.

  • Universitas seperti SNU dan Yonsei University memiliki reputasi yang sangat baik dan dikenal sebagai universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Nah, itulah 10 universitas terbaik di Korea Selatan pada tahun 2024. Setiap list universitas diatas telah memainkan peran penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkontribusi pada kemajuan akademik dan profesional di Korea Selatan.

Punya Mimpi Kuliah Ke Korea Selatan Konsultasikan Persiapanmu Bersama Vista Education

Apakah Anda ingin berkuliah di Korea Selatan dalam jarak dekat? tapi Anda masih bingung masuk ke Universitas apa di Korea? Butuh bantuan untuk berdiskusi? 

Yuk mulai diskusimu dengan konsultan pendidikan berpengalaman di Vista Education. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Vista punya banyak partner institusi yang tersebar di berbagai negara khususnya Korea Selatan.

Isi form konsultasi disini atau hubungi konsultan pendidikan kami lebih cepat via whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !