3 Beasiswa Yang Tersedia Untuk Mahasiswa Indonesia di Australia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

3 Beasiswa Yang Tersedia Untuk Mahasiswa Indonesia di Australia

3 Beasiswa Yang Tersedia Untuk Mahasiswa Indonesia di Australia

Cari tahu 3 beasiswa teratas yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia untuk kuliah di Australia. Dapatkan informasi lengkap tentang Australia Awards, Endeavour Scholarships, dan beasiswa AIPEG disini.

Bagi para pelajar Indonesia yang berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, Australia hadir dengan sederet peluang emas melalui program beasiswa yang menarik. Yuk, simak 3 beasiswa unggulan berikut yang siap mengantarkanmu menapaki jenjang pendidikan tinggi di Negeri Kangguru ini.

1. Beasiswa Australia Awards 

Australia Awards Scholarships adalah beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT). Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan S1, S2, hingga PhD di berbagai universitas ternama di Australia.

Beasiswa ini tak hanya menanggung biaya kuliah, tetapi juga mencakup tunjangan hidup, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang pergi serta biaya penelitian dan tesis. Beasiswa Australia Awards juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan membangun jaringan dengan para pemimpin di Australia.

Persyaratan:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki gelar sarjana untuk melanjutkan studi ke jenjang Magister atau Doktoral
  • Memenuhi persyaratan akademis dan bahasa Inggris yang ditentukan
  • Bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi

Cara Mendaftar Australia Awards Scholarships

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi Australia Awards. Calon penerima beasiswa harus melengkapi formulir aplikasi dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti transkrip akademik, surat rekomendasi, dan rencana studi ke situs resmi Australia Awards.

2. Beasiswa Endeavour 

Beasiswa ini ditujukan khusus bagi mahasiswa S3 (PhD) yang ingin melakukan penelitian di Australia. Program ini menawarkan kesempatan untuk belajar di universitas terkemuka di Australia dalam berbagai bidang studi. 

Beasiswa Endeavour mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan akademik dan profesional melalui magang atau penelitian di institusi terkait.

Persyaratan

  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Memiliki prestasi akademik yang baik
  • Mampu menunjukkan potensi kepemimpinan
  • Memenuhi persyaratan bahasa Inggris

Cara Mendaftar Beasiswa Endeavour 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi Endeavour. Calon penerima beasiswa harus menyertakan dokumen-dokumen yang diminta seperti proposal penelitian, surat rekomendasi serta bukti kemampuan bahasa Inggris.

3. Beasiswa Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) 

Beasiswa AIPEG adalah program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa Indonesia yang tertarik dalam bidang ekonomi dan tata kelola pemerintahan untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 di universitas mitra di Australia. 

Program ini mencakup biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang-pergi. Penerima beasiswa akan memiliki kesempatan untuk belajar di universitas-universitas ternama di Australia dan berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian yang relevan dengan bidang studi mereka.

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki ijazah SMA/SMK sederajat dengan nilai rata-rata minimal 8.0
  • Memiliki skor TOEFL/IELTS minimal 550/6.5
  • Mendaftar di salah satu universitas mitra AIPEG
  • Memiliki motivasi belajar yang kuat dan komitmen untuk menyelesaikan studi
  • Bersedia untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi

Cara Mendaftar:

Pendaftaran dilakukan melalui situs Buat akun di portal AIPEG, kemudian isi formulir online dan upload dokumen (ijazah, transkrip, dll.) setelah itu tunggu hasil seleksi.

Tiga beasiswa fully funded diatas memberikan peluang besar bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di Australia, memperoleh pendidikan berkualitas serta memperluas jaringan internasional.
Dengan semangat pantang menyerah dan strategi yang tepat, Anda selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpi berkuliah di Negeri Kanguru dan mengukir masa depan cemerlang.

Yang harus Anda ingat usaha dan kegigihan adalah kunci utama untuk membuka gerbang beasiswa impian di Australia. Selamat berjuang!

Baca juga artikel kami lainnya : Jurusan-Jurusan Paling Populer untuk Kuliah di Australia


Punya Impian kuliah di Australia? Yuk, Konsultasikan Bareng Vista Education!


Ada banyak universitas di Australia yang menjadi partner Vista, lho. Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpi Anda kuliah ke Australia. Kami berpengalaman sejak tahun 1998 dan telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri terutama ke australia. 
Tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !