Bahasa Singapura yang Wajib Dipelajari Sebelum Kuliah di Sana
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Bahasa Singapura yang Wajib Dipelajari Sebelum Kuliah di Sana

Bahasa Singapura yang Wajib Dipelajari Sebelum Kuliah di Sana

Ingin kuliah di Singapura? Ketahui bahasa-bahasa yang wajib dipelajari untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dan akademis Anda.

Kuliah di Singapura adalah impian banyak pelajar. Negara Lion City ini terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas, peluang kerja yang menjanjikan, dan budaya yang kaya.

Nah, jika Anda Berencana untuk melanjutkan pendidikan di Singapura , sebelum Anda mengepak tas dan berangkat, ada satu hal penting yang perlu Anda persiapkan, yakni :  bahasa. Berikut ini dibawah ini adalah beberapa bahasa dan dialek yang wajib dipelajari sebelum berkuliah di Singapura:

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan pengantar utama di beberapa institusi Singapura. Semua institusi pendidikan, baik sekolah dasar maupun universitas, menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting untuk memahami materi kuliah, berkomunikasi dengan dosen, dan berinteraksi dengan teman sekelas.

2. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa ibu bagi sebagian besar penduduk Tionghoa di Singapura. Meskipun Bahasa Inggris adalah bahasa utama, banyak penduduk lokal yang menggunakan Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam lingkungan sosial dan keluarga. Menguasai dasar-dasar Bahasa Mandarin akan sangat bermanfaat untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan teman-teman lokal dan memahami budaya mereka.

3. Bahasa Melayu

Bahasa Melayu adalah salah satu bahasa resmi di Singapura dan sering digunakan oleh komunitas Melayu setempat. Mempelajari Bahasa Melayu bisa membantu dalam berinteraksi dengan penduduk Melayu di Singapura dan memahami tradisi serta kebiasaan mereka. Selain itu, beberapa istilah dalam Bahasa Melayu juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di Singapura.

Baca artikel menarik lainnya : 5 Rekomendasi Jurusan Untuk Kuliah di Singapura


4. Bahasa Tamil

Banyak komunitas India di Singapura dan bahasa Tamil adalah bahasa utama komunitas India di Singapura dan juga merupakan salah satu bahasa resmi. Meskipun tidak banyak digunakan di lingkungan akademis, memahami beberapa frasa dasar dalam Bahasa Tamil bisa membantu dalam berkomunikasi dengan teman-teman dari komunitas India dan memberikan wawasan lebih tentang kebudayaan mereka.

5. Dialek Singlish

Singlish adalah variasi unik dari Bahasa Inggris yang berkembang di Singapura. Singlish menggabungkan elemen dari Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, dan berbagai dialek Tionghoa lainnya. Meskipun Singlish tidak digunakan dalam konteks formal atau akademis, memahami Singlish dapat membantu Anda lebih mudah berbaur dengan penduduk lokal dan memahami percakapan sehari-hari dengan lebih baik.

Dengan mempelajari bahasa dan dialek yang digunakan di Singapura, Anda tidak hanya akan lebih siap secara akademis, tetapi juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial dan budaya yang baru. Selamat menempuh pendidikan di Singapura!

Baca juga artikel kami yang lain : 7 Universitas di Singapura Yang Biaya Kuliahnya Murah


Apakah Anda Punya Impian Kuliah Di Singapura? Yuk, Konsultasikan Persiapan Anda Ke Vista Education!


Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Singapura, termasuk beasiswa kuliah ke Singapura? Masih bingung step by step dan syarat apa yang harus dipenuhi? Yuk konsultasi gratis bareng konsultan pendidikan Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista siap membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi di Singapura, lho. Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !