Terbaru ! Beasiswa Kuliah di Amerika untuk Pelajar Indonesia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Terbaru ! Beasiswa Kuliah di Amerika untuk Pelajar Indonesia

Terbaru ! Beasiswa Kuliah di Amerika untuk Pelajar Indonesia

Ingin kuliah di Amerika Serikat dengan beasiswa? Dapatkan informasi terbaru tentang beasiswa kuliah di Amerika untuk pelajar Indonesia di sini!

Gelar dari universitas di Amerika memiliki daya jual tersendiri karena reputasinya yang menempati peringkat teratas dunia. Tapi banyak calon mahasiswa yang mengurungkan niat untuk kuliah di Amerika karena biaya yang cukup tinggi.

Jangan khawatir karena ada berbagai beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah di Amerika ! Mau tau apa saja program beasiswa yang bisa diambil oleh pelajar Indonesia ? Simak artikel dibawah! 

Kuliah di Amerika

Memilih untuk kuliah di Amerika Serikat adalah keputusan besar yang dapat memberikan banyak manfaat bagi masa depan Anda. Amerika Serikat terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi, keragaman budayanya, dan peluang karir yang luas. 

Tidak hanya itu kuliah di Amerika juga menjadi salah satu penunjang kredibilitas individu saat melamar kerja atau menjadi salah satu portofolio di riwayat hidup seseorang. 

Selain itu jika Anda kuliah di Amerika, Anda akan diberi kebebasan untuk memilih mata kuliah sesuai dengan minat dan tujuan. Sistem pendidikan Amerika menekankan pendekatan liberal arts, yang memberikan kesempatan untuk belajar berbagai mata kuliah sebelum fokus pada satu bidang khusus. 


Biaya Kuliah di Amerika


Sesuai dengan penjelasan diatas pendidikan tinggi di Amerika Serikat sering kali dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia, tetapi ketika kita membahas pengalaman kuliah di sana, salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan adalah biaya.

Biaya kuliah di Amerika Serikat bisa menjadi tantangan serius bagi banyak mahasiswa. Biaya ini bisa mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu dolar per tahun tergantung pada jenis universitas dan program studi yang dipilih. 

Kabar baiknya, terdapat banyak beasiswa yang tersedia untuk membantu pelajar internasional membiayai pendidikan mereka di Amerika. Beasiswa ini ditawarkan oleh berbagai pihak, seperti pemerintah Amerika, universitas, organisasi nirlaba, dan perusahaan swasta. Berikut beberapa contoh penjelasan terkait beasiswa yang ditawarkan ke pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika. 

Beasiswa Kuliah di Amerika 

Fulbright Scholarship

Beasiswa Fulbright adalah program beasiswa bergengsi yang didanai oleh Pemerintah Amerika Serikat dan dikelola oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan (ECA). Program ini bertujuan untuk mempromosikan pertukaran pendidikan dan pemahaman budaya internasional. 

Beasiswa ini ditawarkan ke beberapa penerima seperti mahasiswa internasional (untuk melanjutkan studi pascasarjana atau penelitian lanjutan di Amerika Serikat), warga negara Amerika (untuk mengajar, melakukan penelitian, dan mengejar pengalaman profesional di luar negeri), dan seniman/guru/profesional (untuk mengikuti program khusus di berbagai bidang). 

Fullbright scholarship memiliki beberapa jenis beasiswa seperti: 

  • Fullbright Foreign Student Program 
    Beasiswa ini diperuntukan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di Amerika Serikat

  • Fullbright US Scholar Program 
    Khusus untuk program beasiswa ini diperuntukan bagi warga negara Amerika yang ingin mengajar, melakukan penelitian atau memberikan keahlian profesional di negara lain

  • Fullbright Specialist Program 
    Program ini ditujukan bagi pakar dari Amerika yang ingin memberikan keahliannya dalam jangka pendek kepada universitas dan institusi di luar negeri

  • Fullbright Hays Program 
    Beasiswa ini khusus untuk pelajar dan pengajar yang berasal dari Amerika yang ingin berpartisipasi dalam program pertukaran pendidikan internasional

Cakupan beasiswa dari Fullbright Scholarship meliputi biaya pendidikan penuh, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan dan seminar. 

Terkait proses pendaftaran untuk beasiswa ini, Anda bisa melihat informasi lebih lengkap terkait beberapa persyaratan disini.

LPDP Scholarship

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pemberian beasiswa. 

Beasiswa LPDP terbuka bagi pelajar dan profesional Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2, S3, atau program doktoral di luar negeri maupun di dalam negeri. Ada beberapa jenis beasiswa LPDP yang bisa dipilih berdasarkan kriteria yang memenuhi seperti: 

Beasiswa Reguler 

Program ini diperuntukan bagi pelajar dan profesional yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri.

Beasiswa Afirmasi

Untuk pelajar dan profesional dari daerah tertinggal,terdepan, dan terluar (3T) serta kelompok masyarakat yang kurang beruntung.

Beasiswa Prestasi Olahraga

Program ini ditujukan bagi atlet berprestasi yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3.

Beasiswa Santri Berprestasi

Beasiswa ini ditujukan khusus bagi santri berprestasi yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3.

Beasiswa Pendidik

Bagi para guru dan dosen yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 bisa mengambil beasiswa ini sebagai pilihan kuliah di luar negeri

Beasiswa Riset Unggulan

Program beasiswa ini bisa dipilih bagi para peneliti yang ingin melakukan penelitian di luar negeri

Cakupan beasiswa LPDP yaitu biaya pendidikan penuh, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, dan biaya hidup untuk penelitian (khusus untuk Beasiswa Riset Unggulan). Terkait informasi lebih lanjut terkait LPDP Scholarship, Anda bisa cek disini

Beasiswa LPDP merupakan peluang emas bagi para pelajar dan profesional Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. Bagi Anda yang ingin meraih mimpi dan memberikan dampak positif bagi Indonesia, Beasiswa LPDP bisa menjadi pilihan yang tepat.

USAID Scholarship

Beasiswa USAID adalah program beasiswa yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk mendukung pendidikan dan pengembangan individu-individu di Indonesia. 

Beasiswa ini terbuka bagi pelajar dan profesional Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas ternama di Amerika Serikat maupun di Indonesia.

Beberapa jenis beasiswa USAID yang bisa dipilih berdasarkan ketentuan yang ada: 

  • Beasiswa Prestasi
    Beasiswa ini diperuntukan bagi pelajar dan profesional berprestasi yang ingin melanjutkan studi S2 di bidang kebijakan publik, ekonomi, ilmu politik, administrasi publik, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan.

  • Beasiswa USAID untuk Perempuan
    Khusus untuk beasiswa ini, para perempuan Indonesia yang memiliki minat untuk studi lanjut S2 di bidang kepemimpinan, gender, dan pembangunan bisa memilih program ini.

  • Beasiswa USAID untuk Disabilitas
    Untuk individu penyandang disabilitasyang ingin melanjutkan studi S2 di bidang pendidikan inklusif dan pemberdayaan disabilitas.


Cakupan beasiswa USAID hampir sama dengan dua beasiswa sebelumnya yaitu meliputi biaya pendidikan penuh, tunjangan hidup bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini Anda bisa cek disini


Yuk, Kuliah di Amerika bersama Vista Education


Kuliah di Amerika dapat menjadi pengalaman yang transformatif dan membuka peluang karir yang luas bagi para pelajar. Dengan persiapan yang matang dan tekad yang kuat, Anda dapat meraih impian Anda dan membangun masa depan yang gemilang di Amerika.

Vista Education merupakan konsultan pendidikan yang memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri pendidikan dan mempunyai spesialisasi untuk universitas di Amerika. Sejak tahun 1998, Vista Education telah berhasil memberangkatkan puluhan ribu murid ke negara dan universitas impian mereka. 

Persiapkan kebutuhan kuliah di luar negeri Anda bersama Vista Education, Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WhatsApp atau isi datamu disini. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !