Perbedaan Certificate, Bachelor dan Master
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Certificate, Bachelor dan Master

Perbedaan Certificate, Bachelor dan Master

Jangan sampai salah. Ada berbagai program perkuliahan yang ditawarkan oleh kampus-kampus luar negeri. Berikut adalah informasi yang wajib kamu ketahui!

  • Arti Program Certificate

Certificate programs adalah program belajar jangka pendek untuk mahasiswa yang ingin menguasai atau fokus pada suatu bidang yang berkaitan dengan bidang ilmu sebelumnya saat menempuh pendidikan sarjana. Misalnya kamu adalah lulusan S1 Fotografi dan kamu ingin terampil memotret makanan untuk keperluan advertising, maka kamu bisa mengambil program Certificate food photography. Beberapa program Certificate meminta mahasiswa untuk melampirkan personal statement sebagai persyaratan masuk. Biasanya durasi program Certificate adalah sekitar 6 bulan. Dengan begitu dalam waktu yang lumayan singkat kamu akan memiliki skill baru yang diakui.

  • Arti Program Bachelor

Seperti program sarjana di Indonesia, program bachelor di luar negeri juga ditempuh selama 4 tahun masa studi. Kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dasar pengetahuan serta problem solving yang tepat ketika kelak bekerja di bidang terkait. Pada program ini kamu akan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan sehingga nantinya mendapatkan gelar sarjana. Kamu juga dapat menempuh program Master atau Pascasarjana jika ingin lebih mendalami bidang ilmu yang kamu minati.

  • Arti Program Master

Kamu bisa menempuh jenjang Master atau Pascasarjana setelah mendapat gelar Bachelor terlebih dahulu. Berbeda dengan program sarjana, pada program ini mahasiswa dididik untuk fokus dalam melakukan riset atau penelitian berkaitan dengan bidang ilmunya. Kamu akan mendapatkan gelar Master setelah menempuh masa pendidikan selama satu sampai dua tahun. Setelah lulus kamu dapat menjadi seorang dosen, peneliti, atau berkarir di perusahaan yang membutuhkan ketrampilanmu.

Itulah beberapa perbedaan dari tiga program kampus luar negeri yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu akan memilih progam Certificate atau melanjutkan ke program Master? Pertimbangkan baik-baik, ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !